Diburu Orang Indonesia, Honda Rebel Geser Ketenaran CB500X

Honda CMX500 Rebel.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dian Tami Kosasih

VIVA.co.id – Meski terbilang menjadi pendatang baru, rupanya CMX500 Rebel sudah berhasil menjadi tulang punggung penjualan moge Honda di Indonesia. Fakta itu ditunjukkan dari data penjualan yang dirilis Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) per Mei 2017.

Viral Motor Matik Diisi Minyak Kayu Putih Campur Bensin, Ini Kata Pakar

Menurut Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor (AHM), Thomas Wijaya, motor bergaya cruiser bobber ini sudah mampu mendongkrak penjualan moge Honda di Indonesia. "CMX lumayan, lebih dari 100 unit (terjual). Pembeli kebanyakan dari Jakarta, Bandung, Surabaya, sejak pertama kali launching langsung diminati para pencinta motor gede," kata Thomas ditemui di Jalan KH. Wahid Hasyim, Jakarta Pusat.

Data juga menyebut, CMX bahkan sudah berhasil menggeser penjualan moge favorit Honda sebelumnya, yakni CB500X. Tetapi, Thomas tak setuju jika ada anggapan telah terjadi pergeseran minat dari moge model adventure menjadi moge jenis cruiser.

Moeldoko Ungkap Penyebab Subsidi Motor Listrik Kurang Laku, Anak Muda Tak Suka Motor Pelan

"Adanya Rebel ini lebih menambah (pangsa) pasar. Planning-nya tahun lalu 250 unit, dengan adanya Rebel kami harap bisa double, 400-500 (moge terjual per tahun). Bukan switching, tetapi menambah lagi 200-300 unit," tutur Thomas.

Honda CB500X. Foto: Dok Astra Honda Motor.

Misteri Motor di Jembatan Suramadu, Pengendaranya Anak Stres

Sejauh ini AHM masih menilai penjualan CB500X terbilang stabil. Meski kini fakta di lapangan menyebut Rebel lebih diminati ketimbang CB500X. "CB500X masih stabil lah, dulu memang berkontribusi 50 persen dari total penjualan moge Honda, masih lah sekarang," kata dia lagi.

Rebel merupakan motor yang dihadirkan khusus untuk yang menyukai kustom. Motor ini dibenamkan mesin 471cc 8-valve, liquid-cooled parallel twin-cylinder yang diambil dari Honda CBR500R. Ada ciri khas yang diusung, yakni penjejalan ban dengan karakter besar dan lebar serta tangki mendongak berkapasitas 11,2 liter.

Honda Mobilio di GIIAS 2019

Penjualan Honda Naik 19 Persen, Mobilio Masih Laku Segini Walau Tak Ada Penyegaran

HPM mencatat penjualan retail sebanyak 10.706 unit pada bulan Maret 2024. Ternyata, Honda Mobilio masih ada peminatnya walau tak ada penyegaran pada mobil itu sejak 2019.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024