Menteri Jonan akan Bereskan Masalah STNK Motor Listrik

Menteri ESDM Ignasius Jonan mencoba motor Gesits.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yunisa Herawati

VIVA – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Ignasius Jonan, memastikan bakal berkoordinasi dengan sejumlah kementerian untuk mendukung motor listrik Gesits, hasil kolaborasi Garansindo Group dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Motor Listrik Edisi Timnas Indonesia Hadir di IIMS 2024, Hanya 100 Unit

Hal pertama yang akan dilakukan adalah melaporkan terlebih dahulu kepada Presiden Jokowi tentang uji coba motor listrik karya anak bangsa yang telah dilakukan di kompleks kementeriannya itu.

"Saya akan lapor Bapak Presiden, karena tiga bulan lalu beliau juga menugaskan Kementerian ESDM untuk mengkoordinasi peraturan tentang kendaraan listrik. Sekarang kan barangnya sudah siap dikomersialkan," kata Jonan di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta Pusat.

Motor Listrik Sudah Digunakan BNPB untuk Jangkau Lokasi Pelosok

Setelah menyampaikan laporan tentang motor listrik Gesits ini, kementeriannya akan meminta Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk memberi perlakuan yang sama antara motor bertenaga listrik dengan motor berbahan bakar minyak.

"Kalau komponennya bebas bea, ya bebas bea. Kalau built up harus bayar bea, ya bayar bea. Karena, (motor listrik Gesits) ini dibuat di sini," tuturnya menambahkan.

Gesits Luncurkan Motor Listrik Murah di PEVS 2023

Institusinya juga berencana berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan terkait masalah penerbitan surat tanda nomor kendaraan atau STNK motor listrik. Sebab sampai saat ini, aturan terkait kendaraan bertenaga listrik masih belum jelas.

"Saya juga lapor ke Menteri Perhubungan caranya menerbitkan STNK, karena STNK itu pakai cc (kapasitas mesin). Sekarang mestinya sudah bisa STNK pakai Volt atau Kilo Watt. Saya dari urusan energinya, Kemenperin dari urusan industrialisasinya, BPPT dari urusan riset," kata dia. (one)

Gesits luncurkan motor listrik Timnas Indonesia di IIMS 2024

Kendaraan Operasional Timnas Indonesia Bakal Full Listrik

Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) berencana menggantikan semua kendaraan operasional PSSI termasuk untuk Timnas Indonesia menjadi kendaraan listrik

img_title
VIVA.co.id
20 Februari 2024