Rahasia Kawasaki Masih Pakai Karburator di Motor Retro W175

Karburator dan injeksi.
Sumber :
  • nandoblogspot

VIVA – Kawasaki Motor Indonesia secara resmi meluncurkan motor retro terbaru W175 dalam acara Kawasaki Bike Week di Ancol, Jakarta hari ini. Mengusung konsep retro, motor terbaru pabrikan Jepang  ternyata masih menggunakan karburator untuk menyalurkan bahan bakarnya ke ruang mesin.

Kawasaki Luncurkan Tiga Motor Bernuansa Retro, Kapan Bisa Dibeli?

Hal tersebut pun tentu mengundang tanya. Terlebih sistem injeksi saat ini sudah diusung hampir seluruh motor terbaru karena dinilai lebih hemat bahan bakar dan ramah lingkungan.

Deputy Head Sales and Promotion Division (KMI), Michael Chandra Tanadhi, menjelaskan alasannya. "Karena motor ini memiliki konsep authentic retro, jadi dia pakai karburator. Selain itu agar gampang dimodifikasi, karena memang itu konsep kita," ujarnya di Jakarta, Sabtu 18 november 2017.

Kerennya Kawasaki W175 Baru, Harga Mulai Rp33 Jutaan

Selain itu Michael mengatakan, W175 menggunakan basic engine eliminator 175 cc. Sehingga sistem itu memungkinkan karburator masih tetap dipertahankan. 

"Basic engine betul dari eliminator 175 tapi kami refresh, sehingga secara basic sih new engine," ujarnya.

Jokowi Bawa Motor Terlalu Ngebut, Luhut: Ngejarnya Setengah Mati!

Sebagai informasi, W175 menggunakan mesin berkapasitas 177cc single piston yang mampu menyemburkan torsi hingga mencapai 13,2 Newton Meter (NM) pada 6.000 RPM. Sehingga motor retro itu memiliki tenaga maksimal 9,6 kW (13 PS) pada 7.500 RPM, dan dilengkapi dengan karburator Mikuni VM24. (ren)

Motor Kawasaki W175

Komparasi Sepeda Motor Retro: Kawasaki W175 vs Yamaha XSR 155

Kawasaki W175 dan Yamaha XSR 155 adalah dua sepeda motor berpenampilan retro, yang populer di Indonesia. Keduanya menawarkan desain klasik yang stylish dan nyaman dikenda

img_title
VIVA.co.id
5 Januari 2024