Menjajal Kemampuan Suzuki SX4 S-Cross Matik

Suzuki New SX4 S-Cross di GIIAS 2016.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Herdi Muhardi

VIVA.co.id – Beberapa waktu lalu, VIVA.co.id mendapat kesempatan untuk menjajal kemampuan dari mobil terbaru Suzuki SX4 S-Cross. Kali ini versi matiknya yang akan coba kami kupas kemampuannya untuk menyusuri jalanan ibu kota.

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Ya, saat pertama diluncurkan pada ajang GIIAS pada Agustus 2016 lalu, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) punya harapan besar menjadikan generasi terbaru SX4 ini sebagai salah satu pilihan konsumen tanah air.

Dari data yang dikeluarkan Gaikindo, dalam tiga bulan sejak peluncuran (Agustus hingga Oktober), penjualan mobil ini terbilang lumayan. Dari dua pilihan manual dan matik, SX4 S-Cross total terjual sebanyak 1.334 unit (wholesale).

Bukan Cuma Mobil Esemka yang Pakai Nama Garuda

Eksterior

Melihat sekilas, penampilan dari generasi terbaru SX4 S-Cross ini langsung terlihat berbeda dari pendahulunya. Jelas terlihat lebih panjang. Dan benar saja, mobil ini punya panjang 4.300 mm atau lebih panjang 165 mm dari edisi sebelumnya.

Enggak Cuma Bebas Denda, Bayar Pajak Kendaran Juga Bisa Dapat Mobil

Untuk lebarnya sendiri 1.765 mm dan tinggi 1.575 mm. Sedangkan wheelbase atau jarak poros roda depan dan belakang sepanjang 2.600 mm dengan ground clearance 180 mm.

Meski sedikit mengaburkan identitasnya sebagai kompak SUV, namun perubahan secara dimensi ini tentu akan memberikan efek positif untuk kenyamanan saat berada dalam kabin. Selain itu, dipilihnya fender hitam dari bawah bemper depan dan belakang paling tidak tetap memperlihatkan jati diri mobil ini sebagai kompak SUV.

Secara tampang luar, S-Cross memang tidak terlihat agresif bahkan terlihat lebih kalem. Lampu utama berukuran besar yang sudah menggunakna proyektor bi-LED terlihat dominan di wajah depannya. Lampu ini coba dipadukan dengan dua bilah grille dan logo 'S' di tengahnya.

Yang sedikit disayangkan, pemilihan desain pelek 16 inci pada mobil ini justru memberikan kesan sederhana. Dari kejauhan terlihat seperti tutup dop biasa. Tentu lebih menarik jika Suzuki memberikan pilihanaksen dua warna.

Interior

Bagian kabin dibalut warna hitam, membuat mobil ini tampil elegan. Rasa lega juga langsung terlihat saat memasuki kabin. Pada bagian dashboard didesan lembut, sehingga tampil nyaman saat disentuh, serta lebih kekinian karena adanya ornamen aksen perak.

Bagian kabin ini juga dilengkapi layar sentuh tujuh inci yang terinspirasi dari sebuah smartphone. Fungsinya, sistem audio ini mampu terkoneksi bluetooth, USB, dan AUX. Melalui pairing system dengan smartphone, pengemudi dapat melakukan panggilan telepon secara hands free.

Belum cukup sampai di situ, mobil ini juga telah dilengkapi tombol engine start/stop. Tersedia juga fitur cruise control, paddle shift (khusus mobil yang dilengkapi transmisi otomatis), auto rain-sensing wiper, dan auto headlamps.

Dari segi keamanan, SX4-Cross diklaim sangat ringan, namun mampu menyerap benturan. Model ini juga dilengkapi SRS airbags di sisi pengemudi dan penumpang kursi, serta dilengkapi Variable Force Limiters dan Pretensioner yang membantu meningkatkan keselamatan penumpang.

Bentuk kap, tutup wiper, wiper, dan struktur internal bemper telah didesain ulang, sebagai struktur penyerap benturan di seluruh bagian mobil demi mengurangi potensi terjadinya luka saat terjadi tabrakan dengan pejalan kaki.

Jok terlihat berada di posisi yang agak tinggi. Ini menjamin visibilitasnya yang baik saat memantau ke sekitar mobil.

Poin kelegaan bagasi belakang S-Cross juga pantas diapresiasi. Kapasitas normalnya 353 liter, namun bisa diperlua dengan melipat jok belakang sehingga mampu memiliki kapasitas 810 liter. Hal ini tentu membuat S-Cross cukup terbilang mumpuni untuk membawa barang bawaan.

Mesin

Untuk jantung pacu, New SX4 S-Cross telah disematkan mesin M15A VVT kapasitas 1.491cc yang mampu memuntahkan tenaga 80 kW pada 6.000 rpm dan torsi 138 Nm pada 4.400 rpm dengan transmisi manual 5-percepatan atau transmisi otomatis 6-percepatan.

Saat dipacu di jalanan tol pada malam hari, mobil ini masih terlihat stabil saat berada dalam kecepatan 120 km per jam. Sedangkan untuk konsumsi bahan bakar juga terbilang irit dengan rasio 19 km/liter di jalan tol yang lenggang.

Tapi ada satu hal yang juga pantas dicermati dari mobil yang satu ini dan sayangnya terbilang sangat sangat mengganggu. Untuk menutup pintu belakang, Anda harus perlu tenaga ekstra. Karena jika tak kuat, pintu tak akan tertutup dengan rapat.

Namun secara keseluruhan, SX4 S-Cross cukup memuaskan terutama dengan performa yang dimilikinya.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya