Rp300 Jutaan, New Honda City Layak Dibeli?

New Honda City
Sumber :
  • VIVA.co.id/Krisna Wicaksono

VIVA – Mobil jenis sedan saat ini sudah kehilangan peminat. Bahkan, bisa dibilang mereka yang membeli sedan baru hanyalah orang yang benar-benar menggemari mobil tersebut.

Isi Bensin Rp200 Ribu, All New Veloz Bisa Diajak Jalan Sejauh Ini

Mereka mengeluarkan uang banyak hanya untuk mendapatkan sebuah mobil yang mampu menampung lima penumpang saja. Padahal, banyak mobil jenis lain yang bisa muat hingga tujuh penumpang dan harganya jauh lebih murah.

Penyebab tingginya harga sedan adalah pajak yang dikenakan oleh pemerintah Indonesia. Pajak barang mewah untuk sedan berkisar 30-40 persen, tergantung dari kapasitas mesinnya.

Nyobain Mobil Ini Siap-siap Dapat Kejutan

Alhasil, mobil seperti New Honda City saat ini dibanderol Rp312 juta untuk transmisi manual dan Rp322 juta untuk transmisi otomatis. Jauh lebih mahal dari Honda Mobilio yang versi tertingginya dipatok Rp243,5 juta.

Lantas, apakah sedan seperti City masih layak untuk dibeli?

Ini Daftar Mobil dan Syarat Test Drive di GIIAS 2021

PT Honda Prospect Motor sebagai agen pemegang merek mobil Honda di Tanah Air memberi kesempatan VIVA.co.id untuk mencoba mobil tersebut selama tiga hari.

Tipe yang diuji adalah City dengan transmisi otomatis. Mobil ini mengusung mesin 1.500 cc dengan konfigurasi satu camshaft.

Dilihat dari eksteriornya, City baru ini jauh lebih sporty dari generasi sebelumnya. Lekukan khas lumba-lumba sedikit dihilangkan pada bagian belakang. Grille depan sudah menganut model terbaru honda, yakni tegak dengan logo besar di tengahnya.

Bagian belakang mobil dibuat sedikit tinggi, mirip dengan Civic generasi kesembilan. Mobil yang panjangnya sekitar 4,4 meter ini sudah memakai teknologi LED untuk penerangan depan.

Lampu ini belum dibekali dengan proyektor, sehingga sinar dari LED terlebih dulu dipantulkan oleh reflektor ke arah depan. Sinarnya berwarna putih dan sangat terang, lebih dari cukup untuk menerangi jalanan yang sangat gelap.

Interior standar

Masuk ke dalam mobil ini sangat mudah. Anda tidak perlu mengeluarkan kunci remote dari saku. Cukup sentuh tuas pembuka pintu depan (kiri maupun kanan), maka otomatis kunci akan terbuka.

Untuk membuka bagasi, Anda dapat melakukannya melalui tombol yang ada di remote atau menekan tombol yang ada di atas pelat nomor belakang.

Di Indonesia, City bersaing langsung dengan Toyota Vios. Kualitas interior keduanya tidak jauh berbeda, baik dari segi kualitas maupun desain.

Jok City bukanlah yang terbaik, bahkan pengaturannya masih manual. Namun, tidak butuh waktu lama untuk mendapatkan posisi duduk yang nyaman. Setir yang bisa diatur maju mundur dan naik turun memudahkan pengemudi mendapatkan posisi ergonomis.

Honda membekali City dengan sistem hiburan layar delapan inci. Tersedia colokan USB dan HDMI di sisi kanan layar. Untuk memainkan CD, cukup buka kunci di bagian atas dan geser layar ke atas, maka slot CD akan terlihat di sisi bawahnya.

Tidak ada yang istimewa dari mobil ini. Semua fitur sama dengan yang terpasang pada mobil kelas Rp200 jutaan ke atas. Namun, ada yang membuat mobil ini terasa spesial. Mau tahu apa itu? Simak berita VIVA.co.id berikutnya. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya