Ingin Mobil Baru, Beli atau Sewa

VIVAnews - Selain memenangkan hadiah, hanya tiga cara agar Anda bisa mengemudikan mobil baru, yaitu membayar tunai, mengambil pinjaman,  atau sewa. Anda harus bisa memilih mana yang terbaik untuk Anda.

Membayar tunai bisa menjadi cara termurah karena Anda tidak perlu membayar bunga. Sedangkan kredit, Anda akan mendapat biaya tambahan puluhan juta bahkan ratusan juta rupiah hanya untuk membayar bunga.

Tetapi jika Anda membayar tunai, Anda akan melepaskan kesempatan dengan uang tunai yang dimiliki itu, misalnya untuk usaha atau yang lain. Pilihan investasi Anda akan mempengaruhi keuntungan dan kerugian Anda membeli mobil tunai.

Mungkin Anda akan rugi dengan membayar tunai, karena bunga pinjaman hanya 12 persen, sedangkan investasi Anda menghasilkan 15 persen dalam setahun.

Namun, ada alasan kuat tidak membayar tunai, di antaranya kebanyakan orang tidak memiliki dana yang cukup untuk membeli mobil. Jadi jika tidak memiliki uang tunai, tinggal dua pertanyaan, apakah lebih murah menyewa atau membeli kredit?

Pembayaran bulanan untuk sewa pasti lebih murah daripada membayar pinjaman. Tapi ingat, pada akhir pinjaman, Anda akan memiliki mobil, akan memiliki nilai jual kembali, atau Anda bisa mengendarai dengan bebas tanpa tagihan bulanan. Dengan sewa, Anda tidak akan memiliki apa pun, kecuali kenangan.

Kenapa pembayaran bulanan lebih mahal? Pembayaran bulanan terdiri dari pembayaran kembali jumlah pinjaman ditambah biaya bunga. Sedangkan pembayaran sewa bulanan terdiri dari biaya penyusutan ditambah dengan biaya bunga. Karena itu, sewa mobil jauh lebih murah. (Road&Track)

hadi.suprapto@vivanews.com

4 Kebiasaan Unik Suku Dayak, Dari Telingaan Aruu hingga Panggil Arwah Leluhur
Gedung Bank Indonesia (BI).

Ekonomi Dunia Bergejolak, BI Buka-bukaan Hasil Stess Test Terbaru Sektor Perbankan

 Bank Indonesia (BI) mengungkapkan, hasil stress test BI menunjukkan bahwa ketahanan perbankan dan korporasi saat ini.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024