Hemat Bahan Bakar Saat Mudik

Ilustrasi mudik Toyota
Sumber :
  • Toyota Indonesia

VIVAnews - Senin kemarin, PT Pertamina (Persero) memastikan bahwa stok bahan bakar minyak menjelang Hari Raya Idul Fitri aman. Terutama untuk mencukupi kebutuhan jutaan pemudik.

Pertamina telah menyiapkan stok 10-18 persen, lebih banyak dari hari-hari biasa. "Semua dalam kondisi aman," kata Direktur Utama Pertamina Karen Agustiawan di Istana Negara, kemarin.

Meski demikian, alangkah baiknya bila pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi bisa menghemat bahan bakar. Bukan cuma menghemat anggaran mudik, tapi Anda juga bisa ikut berperan dalam menangani pemanasan global. Anda juga bisa berperan mengurangi penggunaan energi yang tidak bisa diperbarui itu.

Deretan 5 Brand Perbankan Terkuat di Dunia, BCA Menempati Posisi Pertama

Bertikut tips menghemat bahan bakar saat mudik ala Pertamina yang dikutip VIVAnews, Selasa 24 Agustus 2010.

1. Rencanakan perjalanan Anda sehingga mengehemat waktu dan bahan bakar. Jika memungkinkan, hindari arus puncak lalu lintas. Bawalah peta jalur mudik yang memuat informasi tempat peristrirahatan, SPBU, bengkel, jalur utama, dan jalur alternatif.

2. Periksalah tekanan ban kendaraan sesuai dengan rekomendasi. Hal ini akan mengurangi komsumsi bahan bakar, akan memperpanjang umur kendaraan, dan menambah kemudahan handling kendaraan.

3. Periksa kondisi mesin mobil dan bila perlu lakukan servis ke bengkel sebelum melakukan perjalanan mudik.

4. Bawalah barang sesuai dengan kebutuhan. Semakin berat kendaraan, semakin banyak bahan bakar yang dikomsumsi.

5. Mengemudikan dengan halus serta konstan. Hal ini akan menghindari akselerasi yang tidak perlu serta pengereman berulang-ulang yang berakibat memboroskan bahan bakar. Jangan lupa untuk menjaga jarak dengan kendaraan didepan anda.

6. Mengemudilah pada kecepatan kendaraan yang disarankan agar pembakaran bahan bakar optimal.

Ziarah Kubur Jelang Ramadan

6 Adab Ziarah Kubur di Masa Lebaran yang Dianjurkan Nabi

Adab lain yang perlu diperhatikan dalam melaksanakan ziarah kubur adalah tidak diperbolehkan untuk duduk atau berdiri di atas kuburan.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024