Jurus Agar 'Nyawa' Mobil Tak Tamat Saat Kebanjiran

Bundaran HI Terendam Banjir
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Jalanan Ibukota hampir lumpuh karena banjir. Mobil mogok usai menerjang banjir jadi pemandangan yang lumrah. Ada satu hal penting yang perlu diketahui agar 'nyawa' mobil Anda tak tamat usai terendam banjir.

Pakai Uang Palsu Beli Narkoba dan Punya Senpi Rakitan, Pecatan TNI AL di Lampung Ditangkap

"Perlu diingat jangan coba-coba menstarter mobil, karena air bisa masuk ke mesin. Ini bahaya karena dapat membuat mobil makin rusak parah," kata Parman Suanda, Kepala Bengkel Plaza Toyota, Jumat 18 Januari 2013.

Langkah yang perlu dilakukan adalah evakuasi mobil ke tempat yang lebih aman atau kering. Lebih baik menunggu mobil derek datang, ketimbang tak sabar segera menstarter mobil.

Sangat tidak disarankan bagi mobil ukuran kecil seperti hatchback, sedan ataupun MPV yang tidak memiliki ground clearance tinggi nekat menerjang banjir.

Hanya satu kategori banjir yang berstatus aman untuk dilewati mobil. "Bila banjir masih sebatas di dek atau seperempat ban, ini masih bisa dilewati mobil. Tapi jangan coba jika seluruh mobil terendam sampai sebatas dashboard dan bumper," kata dia.

Dia menambahkan kalaupun terpaksa menerobos banjir, usahakan menjaga jarak dengan kendaraan di depan sebagai patokan. Kerena ketinggian air bisa dilihat dari kendaraan di depan.
 
Usai menerjang banjir lakukan pemeriksaan di sektor kaki-kaki, rem dan juga mesin. Semua tergantung riwayat mobil, sampai sebatas apa mobil itu melewati genangan air. (umi)

Kemenag Gelar Peringatan Nuzulul Qur'an Nasional Tahun 2024

Peringatan Nuzulul Qur'an Tingkat Nasional, Kemenag: Spirit Bawa Indonesia Menjaga Keragaman

Peringatan Nuzulul Qur'an tingkat nasional, digelar oleh Kementerian Agama atau Kemenag. Pada tahun 2024 ini, digelar di Auditorium HM Rasjidi Kemenag, pada Rabu kemarin.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024