Yang Harus Dilakukan Saat Rem Mobil Blong

service mobil
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVAnews
Apple Kehilangan Posisi sebagai Perusahaan Smartphone Teratas, Kalah Saing dengan Samsung
- Rem blong sering kali jadi penyebab utama kasus kecelakaan kendaraan bermotor. Ini perlu diwaspadai, sebab akan mengancam nyawa si pengemudi, penumpang, dan pengguna jalan lainnya.

Kasus Film Porno Siskaeee Belum Juga Disidang, Ini Kata Polisi

Rem blong dipengaruhi beberapa faktor seperti selang bocor, masalah di booster dan master rem, kanvas rem yang sudah tiris, jumlah dan kualitas minyak rem yang tidak bagus, serta piston rem yang aus.
Penemuan Kerangka Manusia Pakai Sarung dan Peci Bikin Geger Pendaki Gunung Slamet


Cara pertama dan yang paling mudah menghindari rem blong, yakni melakukan pemeriksaan dan pengecekan komponen rem secara rutin.


Komponen yang perlu dicek antara lain minyak rem, piston, kanvas rem, selang, booster rem, dan master rem. Semua komponen harus dalam keadaan baik. Jika ditemukan ketidakberesan, sebaiknya langsung meminta bantuan teknisi untuk memperbaikinya.


Lalu, apa yang harus dilakukan saat rem mobil blong?


Injak dan lepaskan pedal rem selama beberapa kali sambil mengurangi kecepatan mobil. Setelah laju mobil berkurang, segera pindahkan gigi persneling secara perlahan-lahan.


Pastikan bahwa kendaraan dalam keadaan aman. Pastikan pula kendaraan mempunyai jarak yang cukup jauh dari kendaraan di depan dan belakang.


Jika kecepatan mobil sudah menurun segera memposisikan mobil di dekat tepi jalan. Saat itu lah baru menggunakan rem tangan untuk menghentikan laju.


Bila mobil masih belum bisa berhenti juga, bisa mengambil langkah darurat yaitu menabrakkan mobil dengan benda mati yang mungkin hanya bisa menimbulkan efek bahaya yang minim.


Sebaiknya ditabrakkan bagian samping mobil --jangan bagian depan mobil, karena kemungkinan mobil akan terpental. Risiko kerusakan mobil dan luka yang diderita akan minim. (Sumber: Toyota.co.id)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya