Jurus Mudah Atasi Motor Mogok Saat Banjir

Banjir Rendam Ciledug
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Hujan yang terus mengguyur sejumlah daerah di ibu kota sejak kemarin mengakibatkan banjir terjadi di sejumlah titik.

3 Skenario Timnas Indonesia U-23 Tembus Olimpiade 2024

Tidak sedikit pengguna motor nekat menerobos banjir. Kenekatan ini harus dibayar mahal dengan mogoknya si kuda besi.

Jika sudah begini, pastinya akan semakin menyusahkan pengendaranya. Berikut tips mudah dari Astraworld bagi Anda yang motornya mengalami mogok akibat menerjang banjir.

Pertama, yang paling sederhana dilakukan adalah membuka busi lalu mengeringkannya. Chop (tutup) busi juga dikeringkan agar busi dapat memantikkan api dengan sempurna

Kedua, biasanya saat motor mogok sewaktu banjir, air akan masuk lewat lubang knalpot. Minta bantuan teman atau pengendara lain untuk mengangkat roda depan agar air yang terdapat di knalpot dapat keluar.

Ketiga, buang bensin yang berada di mangkuk karburator dengan cara membuka skrup pembuangan agar bensin yang tercampur air terbuang.

Keempat, jangan langsung dihidupkan. Alangkah baiknya memeriksa kondisi kelistrikan lebih dahulu. Hal ini agar sistem kelistrikan tidak rusak dan pastikan semua dalam kondisi kering.

Terakhir, jika masih tidak bisa dihidupkan, disarankan membawa motor menuju bengkel terdekat untuk diperbaiki. Jangan lupa mengganti filter udara jika memang terendam air. (art)

Salshabilla Adriani.

Diisukan Jadi Orang Ketiga, Salshabilla Adriani Ngaku Udah Ngobrol Sama Syifa Hadju-Rizky Nazar

Menyadari posisinya kini tengah menjadi sorotan, Salshabilla Adriani memberikan klarifikasi yang menyatakan bahwa ia tidak menyangka tiba-tiba terseret gosip miring.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024