Pasang Kaca Film Jangan Asal Gelap, Ini Panduannya

Kaca film V-Kool, menjadikan mengemudi aman dan nyaman
Sumber :

VIVA.co.id - Menggunakan kaca film pada kendaraan roda empat saat ini sepertinya sudah menjadi keharusan. Hal itu tak lain karena fungsi kaca film yang tergolong besar, yakni melindungi penumpang dari sinar matahari, privasi, dan keamanan.

Tak cuma itu, kaca film juga memiliki beberapa fungsi utama lainnya, yakni mereduksi bahaya kaca berterbangan dan memperindah ruangan.

Kendati demikian, masih banyak di antara pemilik kendaraan yang asal memasang kaca film. Menurut mereka, asal gelap, dan terlihat menopang penampilan sudah cukup. Padahal, pasang kaca film asal gelap saja bisa membahayakan si pembesut kendaraan.

Salah satu hal yang patut diperhatikan yakni tingkat kegelapan yang akan digunakan. "Sebaiknya kalau kaca depan 20 persen, dan 60 persen untuk kaca samping, serta belakang. Itu aman buat berkendara," ujar Marketing PT V-Kool Indo Lestari, Nur Laelasari, di Gunung Sahari, Jakarta, Kamis, 15 Oktober 2015.

Sejatinya, untuk memilih kaca film, ada baiknya Anda mengetahui besaran cahaya yang masuk ke dalam mobil. Hal itu bisa dilihat dari Visible Light Transmittance (VLT) yang tertera pada kaca film tersebut.

Semakin kecil nilai VLT, maka semakin terlihat gelap kaca film Anda. Perhatikan juga dari sisi peraturan dan kejelasan pandangan mata pengemudi. Pertimbangkan efek dari kegelapan kaca film di saat mengemudi siang hari dan malam hari.

Jadi tidak bijaksana jika memasang kaca film yang terlalu gelap, terutama untuk kaca mobil bagian depan.

Mengenal Rem ABS, Masalah dan Solusinya

"Mungkin kalau mengemudi siang hari tidak terasa, tetapi akan membutuhkan kerja pandangan ekstra saat mengemudi di malam hari. Tak cuma malam hari, parkir di basement saja sangat mengganggu, kita pasti harus buka kaca. Berbahaya kan," kata dia.

Berikut beberapa list VLT kaca film yang beredar saat ini:

VLT 70 persen = Kegelapan kaca film 10-15 persen
VLT 60 persen = Kegelapan kaca film 15-20 persen
VLT 35-40 persen = Kegelapan kaca film 30-40 persen
VLT 20-25 persen = Kegelapan kaca film 60 persen
VLT 10-15 persen = Kegelapan kaca film 70 persen
VLT 5 persen = Kegelapan kaca film 80 persen (Ini adalah yang tergelap).

Oli mesin.

Tips Bedakan Oli Asli dan Oplosan

Banyak produsen nakal yang kini memproduksi oli palsu.

img_title
VIVA.co.id
31 Juli 2017