Ciri Sepatu yang Aman Bagi Biker

Sepatu biker TCX Infinity Gore-Tex
Sumber :
  • Motorcycle

VIVA.co.id - Para biker dituntut peduli akan keselamatan dirinya sendri. Termasuk dalam hal berpakaian saat berkendara, salah satunya sepatu.

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Hal itu pula yang membuat Adet Vriono, Owner brand 7Gear, memberikan tips khusus kepada para rider untuk memilih sepatu yang gaya namun tetap aman. Menurutnya, ada beberapa ciri sepatu yang dianggap aman untuk berkendara.

"Sepatu harus dilapisi besi (ujung kaki). Besi ini lebih baik bisa menahan beban hingga dua ton. Tentunya ini akan lebih aman saat terjadi hal yang  tidak diinginkan," kata Adet saat ditemui di acara workshop 'Grooming for Bikers', di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta, Selasa, 20 Oktober 2015.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Adet menyarankan para pengguna motor jangan menggunakan sandal jepit, dan baiknya memiliki unsur safety. Harus ada perlindungan toe slider, angkle, scotlight dan bone shine.

Menurut dia, untuk toe slider, dengan adanya  unsur ini maka  saat sepatu terjadi gesekan dengan aspal atau lainnya hal itu justru membuat menjadi licin dan dapat terhindar dari luka-luka.

Ini Harga Bumper Tanduk pada Mobil, Mulai Rp350 Ribu

Angkle protector yang letaknya ada di sisi kanan dan kiri ini tentunya berfungsi untuk melindungi kaki, khususnya pada bagian sendi ankle atau pergelangan kaki bahkan hingga mata kaki.

"Kalau scotlihgt, ini bisa berfungsi saat kondisi di malam hari, sehingga tetap terlihat oleh pengendara di belakang," ujarnya menambahkan.

Adapun unsur yang tak kalah penting adanya bone shine yang akan melindungi tulang kering.

Soal harga, khusus brand 7Gear, sepatu yang dibuat asli Indonesia, tepatnya di Bandung ini dijual sangat bervariasi mulai dari Rp400 ribu hingga Rp525 ribu.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya