5 Fakta Isi Ban dengan Nitrogen, Wajib Anda Tahu

Mesin pengisian nitrogen.
Sumber :
  • Dian Tami/VIVA.co.id

VIVA.co.id - Saat ini banyak ditemukan jasa pengisian nitrogen pada ban di sejumlah pom bensin. Penggunanya mulai dari kendaraan roda empat hingga roda dua.

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Namun, masih banyak pengguna kendaraan tidak mengetahui hal menarik terkait pengisian angin dengan menggunakan nitrogen. Terdapat lima fakta yang jarang diketahui masyarakat terkait pengisian kendaraan menggunakan nitrogen. 

Apa saja fakta tersebut, berikut daftarnya:

1. Mesin pengisian nitrogen tetap membutuhkan kompresor

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Kompresor tetap dibutuhkan dalam pengisian angin nitrogen. Kompresor itu memiliki fungsi membantu mendorong dan memampatkan udara. Jadi, kompresor itu bukan untuk mengisi angin biasa. N2 generator ini merupakan mesin dengan teknologi vakum, yang secara otomatis memproduksi nitrogen dari udara.

2. Nitrogen memiliki molekul lebih besar dibanding angin biasa

Ban berisi nitrogen memiliki jumlah molekul lebih besar, sehingga tidak terpengaruh dengan suhu udara yang terjadi.

3. Lebih nyaman saat berkendara

Ini Harga Bumper Tanduk pada Mobil, Mulai Rp350 Ribu

Kenyamanan dalam berkendara, dibuktikan dengan kondisi ban kendaraan yang lebih empuk, karena gas nitrogen dapat menjaga elastisitas ban sehingga kelenturan karet semakin terjaga.

4. Ban tidak cepat kempes dan stabil

Karena memiliki molekul lebih besar dibandingkan angin biasa, kendaraan dengan nitrogen tidak cepat kempes serta lebih stabil dan nyaman saat memacu kendaraan.

5. Potensi bocor pada ban lebih rendah

Dengan molekul yang lebih besar, maka potensi kebocorannya juga lebih rendah. Tentu itu berbeda dengan angin biasa yang tingkat kebocoran lebih besar serta harus rutin mengecek tekanan ban.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya