5 Tips Simpel Saat Motor Anda Mogok Terkena Banjir

Banjir Tangerang
Sumber :
  • @ntmcLantasPolri

VIVA.co.id - Saat musm hujan, Anda kerap melihat sepeda motor mogok di pinggir jalan. Agar ini tidak terjadi pada Anda, Anda bisa menjalankan beberapa trik sederhana ini.

Karena sebenarnya, mogok usai menerabas banjir itu bukan sesuatu yang menakutkan. Tapi, jika Anda bisa menghindari banjir, alangkah baiknya Anda tidak menerabas.

Tio, seorang mekanik bengkel di Jakarta Barat, memberikan tips sederhana bagi Anda yang mengalami mogok di jalan.

Berikut langkah-langkahnya:

1. Bersihkan busi

Busi adalah elemen penting dari sebuah kendaraan bermotor, karena busi memiliki fungsi sebagai pematik api yang biasanya akan sensitif bila terkena air. Caranya dengan lap busi dengan kain kering lalu gunakan sikat gigi untuk membesihkan ujung busi.

2. Bersihkan knalpot dari air

Knalpot biasanya akan terisi air saat kendaraan nekat menerjang banjir, langkah kedua yang benar adalah bersihkan knalpot dari air dengan cara mengangkat ban depan sehingga air keluar dari knalpot.

3. Bersihkan karburator dari air

Bagi Anda pemilik sepeda motor yang masih menggunakan karburator, apabila masih belum bisa menyala, lebih baik periksa karburator untuk memastikan tidak ada air yang bercampur dengan bahan bakar di kendaraan.

4. Periksa oli


Lalu hal yang perlu dilakukan adalah memeriksa oli, apakah oli bercampur dengan air. Apabila oli bercampur dengan air, oli akan berwarna putih, hal ini sangat penting pula untuk diperiksa.

5. Panaskan mesin

Akan lebih baik bila tidak langsung men-starter motor Anda setelah banjir, melainkan dengan cara manual yakni diengkol,  lalu panaskan mesin.

Setelah melakukan hal tersebut akan lebih baik bila segera membawa motor ke bengkel terdekat untuk menghidari kerusakan lebih parah pada mesin.

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

(mus)

Contoh rem depan motor yang dilengkapi ABS.

Mengenal Rem ABS, Masalah dan Solusinya

Fungsinya sangat vital, makanya perlu perawatan.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016