- www.welovehonda.com
VIVA.co.id - Banyak para pengendara sepeda motor tak tahu penyebab motor bergetar saat diajak melesat pada kecepatan tinggi. Padahal, salah satu penyebabnya datang dari sektor pelek.
Dilansir WeloveHonda, Kamis 21 Januari 2016, getaran pada setang hingga ke jok saat motor digeber pada kecepatan 60-100 kilometer per jam, sering terjadi di motor berpelekĀ casting wheels (CW) dengan lebar 2,5 inchi atau lebih. Getaran ini biasanya timbul dari bearing yang sudah mulai rusak atau ban yang tidak rata lagi.
Tetapi, jika dicek dan ternyata kedua komponen itu dalam keadaan baik-baik saja, bisa jadi biang keroknya pada balancing pelek. Velg model palang punya masa ketahanan, kurang lebih tiap 10.000 kilometer harus dicek keseimbangannya, agar tak ada getaran. Kalau tidak, motor dijamin tak stabil sampai 50 persen.
Saat ini, banyak biker yang menganggap remeh perawatan soal balancing pelek. Padahal, sangat penting buat keselamatan.
Sebenarnya, pelek racing bawaan pabrikan sudah ada timah di bagian tengah buat keseimbangan berat. Pemberat ini nantinya akan menjaga keseimbangan saat roda berputar. Namun, secara berkala komponen ini tetap harus dicek, dan di-balancing ulang.
Jadi, timah balancer bawaan pabrik dilepas dahulu, lalu diganti dengan timah baru yang ditempel di bibir velg. Titik balance yang baik itu harus berada di angka 10 untuk outer dan 10 untuk inner.