Ini Tanda-tanda Power Window akan Rusak

Sumber :
  • Consumerreports.org

VIVA.co.id - Salah satu fitur yang sudah menjadi standar kebanyakan mobil baru adalah power window. Perangkat ini memberikan kemudahan dan kenyamanan saat menaik-turunkan kaca jendela mobil.

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Dengan adanya power window, pengemudi maupun penumpang cukup menekan tombol yang terdapat di pintu mobil. Tombol akan mengaktifkan motor listrik yang memutar regulator untuk menaikkan atau menurunkan kaca.

Pada umumnya, tombol power window di pintu pengemudi sudah dilengkapi dengan auto-up dan auto-down. Fitur tersebut akan membuka dan menurukan kaca jendela hanya dengan sekali menekan tombol.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Di beberapa tipe mobil, power window juga juga dilengkapi jam protection, yang berfungsi melindungi anggota tubuh dari kemungkinan terjepit kaca.

Agar power window tetap dapat berfungsi dengan normal, sebaiknya perhatikan gejala-gejala awal untuk mendeteksi kerusakannya. Berikut daftar gejala beserta solusinya, seperti dilansir dari Astraworld, Selasa 26 Januari 2016:

Ini Harga Bumper Tanduk pada Mobil, Mulai Rp350 Ribu

1. Saat tombol power window ditekan, kaca jendela kadang naik kadang tidak. Masalah ini kemungkinan karena sakelar power window rusak. Jika hal ini terjadi di bagian pintu penumpang, operasikan melalui central power window yang terdapat di pintu pengemudi.

2. Terdengar bunyi kasar. Apabila bunyi berasal dari dalam pintu, kemungkinan penyebabnya adalah regulator power window di dalam pintu sudah mulai rusak. Agar kerusakan tidak semakin parah, sebaiknya jangan mengoperasikan power window.

Segera cek ke bengkel, untuk memastikan apakah ada komponen yang lepas, kendor atau rusak geriginya.

3. Proses naik-turun kaca tidak lancar atau seret, dan terdapat baret di salah satu sisi kaca jendela. Hal ini bisa disebabkan jalur pada kaca dalam kondisi kering, miring atau keluar dari jalurnya.

Solusinya, lakukan penyetelan posisi kaca jendela di bengkel resmi, agar posisinya kembali normal, dan lumasi jalur kaca jendela agar proses naik-turun lebih lancar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya