Mengapa Tekanan Ban Harus Ditambah Saat Bawa Banyak Barang?

Ilustrasi tambah angin ban.
Sumber :
  • Dok: Shark Indonesia

VIVA.co.id – Musim mudik Lebaran tinggal menghitung hari. Bagi masyarakat yang ingin mudik ke kampung halaman, ada baiknya melakukan berbagai persiapan pada kendaraan, mulai dari servis mobil hingga menjaga kesehatan.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Namun selain itu, jika membawa mobil pribadi, disarankan untuk lebih ekstra melakukan pengecekan, terutama pada bagian kaki-kaki, karena bagian itu menopang beban yang berat dan menempuh jarak yang cukup jauh.

General Manager Marketing PT Gajah Tunggal Tbk,  Arijanto Notorahardjo menyatakan, para pemilik mobil yang akan mudik Lebaran diwajibkan mengecek kondisi ban, apakah layak digunakan atau tidak.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Selain memastikan ban dalam kondisi baik, lanjut dia, pastikan tekanan ban mobil sesuai dengan spesifikasi untuk mobil tersebut,

“Kalau bawa beban lebih, tambahkan tekanan 2-4 Psi (Pound per Square Inch), terutama kalau mobil diisi tujuh penumpang plus barang di atas,” ucap Arijanto, Jumat 17 Juni 2016.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Arijanto beralasan, penambahan tekanan diperlukan karena bobot mobil kemungkinan akan bertambah 100-150 kilogram. Otomatis beban yang ditanggung ban menjadi lebih berat, sehingga butuh tekanan angin yang lebih besar.

“Memang suka dianggap keras. Tapi kalau beban banyak, itu akan jauh lebih aman jika menambah tekanan angin,” ujarnya.

Ban motor IRC RX-02

Baru Tahu Ternyata Tutup Pentil di Ban Motor Punya Tugas Penting

Setiap ban motor memiliki pentil, atau penutup lubang masuk keluarnya angin ke dalam ban. Banyak yang mengabaikan peranti itu, ternyata pentil punya tugas penting

img_title
VIVA.co.id
19 September 2022