Benarkah Busi Bakal Awet Jika Direndam Bensin?

Busi berkode R.
Sumber :
  • www.welovehonda.com

VIVA.co.id – Busi merupakan komponen penting bagi kendaraan, tak terkecuali sepeda motor. Komponen ini memiliki peran dalam sistem pengapian, yakni pemantik yang akan membuat campuran bensin dan udara terbakar, sehingga menghasilkan energi untuk mendorong piston.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Lantaran terbilang penting, sudah menjadi hal yang mahfum jika busi wajib dibersihkan untuk menjaga performa motor tetap prima.

Meski demikian, saat ini masih banyak orang yang tak tahu bagaimana cara membersihkan busi dengan benar. Salah satu cara yang kerap diterapkan adalah merendam busi di dalam wadah berisi bensin. Benarkah?

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Menjawab hal itu, Kepala Mekanik AHASS CMM Purwakarta Muhammad Abdul Wakhid menyatakan, merendam busi dengan bensin merupakan perawatan yang salah kaprah. Merendam busi dengan bensin justru dikatakannya dapat memperpendek usia busi.

"Busi direndam bensin itu enggak boleh, karena bisa mengikis elektrodanya. Untuk perawatan busi itu sendiri (dilakukan) per 4.000 kilometer," kata Abdul kepada VIVA.co.id.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Untuk membersihkan busi, Abdul mengatakan, pemilik kendaraan cukup menggunakan kuas atau sikat kawat lembut yang telah dilumuri bensin. Setelah itu, bagian busi yang hendak dibersihkan disikat dan dilap dengan kain bersih.

"Memang dibersihkan pakai bensin, tapi caranya bukan direndam. Kuas atau sikat dimasukkan ke bensin baru disikat ke busi, untuk membersihkan kotorannya," kata dia.

"Lalu disemprot pakai tekanan angin atau dilap. Setelah itu diukur celahnya, baru dipasang lagi. Jadi enggak boleh direndam bensin," kata Abdul.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya