Amankah Roof Box Dipasang Terus di Atas Mobil?

Roof Box pada kendaraan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Jeffry Yanto

VIVA.co.id – Roof box, aksesori tambahan yang kerap digunakan saat mudik, juga butuh perawatan. Hal ini agar permukaan dan bahan boks yang terbuat dari plastik itu tidak mudah getas.

Subaru Rilis 9 Aksesori Resmi untuk The All-New BRZ

Head of Hapro Indonesia, Gema Wahyu menjelaskan, tidak ada perawatan khusus untuk roof box yang bahannya berkualitas. Normalnya dicuci biasa saja, tapi jangan menggunakan bahan deterjen. Cukup menggunakan sampo untuk mencuci mobil. Setelah itu, dikeringkan dengan lap microfiber.

“Kalau box yang bahannya bagus, setelah mudik dan terus digunakan harian pun tidak ada masalah. Meski itu mobil sering diparkir di outdoor, terpaaan cuaca pun tidak memengaruhi. Sebab, roof box yang berkualitas pasti sudah menjalani segala macam pengetesan” ujar Gema saat dihubungi VIVA.co.id, Rabu 13 Juli 2016.

Hati-hati Dekat Mobil Pakai Roof Box yang Melaju Kencang

Menurutnya, bahan roof box biasa memang terbilang getas. Kemungkinan rusak pasti ada, karena pada dasarnya pembuatan box itu menggunakan bahan plastik Acrylonitrile Butadiene Styrene (ABS). Meskipun bahan yang digunakan sama, kualitas bisa saja berbeda saat diproduksi.

“Jika dalam proses pembuatan, dari satu adonan ABS ini yang harusnya hanya menjadi 5 boks, namun dipaksakan agar menjadi 8 atau 10 boks. Otomatis bahan itu kan semakin tipis, sehingga merusak kualitasnya,” jelasnya.

Pemakaian Roof Box Berpotensi Ditilang, Pahami Dulu 6 Syarat Ini

Menurutnya, kalau sudah begitu, saat tidak dipakai, boks sebaiknya dilepas.

“Sebab, kalau dipaksakan terkena panas, hujan dan pergantian cuaca, atau terus terpasang di atap mobil, boks itu akan cepat rusak atau kering dan ada bekas retak-retak,” ungkapnya.

Roof Box Jawsport

Nyari Roof Box Mobil untuk Mudik Lebaran di IIMS 2024, Cek Harganya

Jawsport meluncurkan beberapa produk terbarunya untuk roof box, roof rack dan crossbar pada ajang IIMS 2024. Harganya mulai dari Rp4 jutaan dan tersedia beragam ukurannya

img_title
VIVA.co.id
18 Februari 2024