Usir Bau Usai Kabin Mobil Terendam Banjir

Dok. Mobil di basement Kemang Square terendam banjir.
Sumber :
  • VIVA/Danardono

VIVA.co.id – Salah satu hal yang dihindari pengemudi mobil adalah terjebak banjir. Jika ini terjadi, maka banyak yang harus dilakukan untuk bisa membuat mobil kembali nyaman.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Salah satunya kabin mobil. Jika bagian dalam mobil ini terisi oleh air kotor, maka sebaiknya pemilik mobil segera membersihkannya. Bila tidak dilakukan, maka bau tidak enak akan muncul dari sisa-sisa kotoran yang terbawa oleh air.

Dilansir dari Astraworld, Senin 29 Agustus 2016, hal yang pertama harus dilakukan adalah mencopot semua jok mobil. Ini perlu dilakukan agar proses pembersihan dapat berlangsung dengan mudah.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Copot pelapis jok dan bersihkan dengan air. Sikat bagian yang kotor, bilas dan keringkan. Biarkan busa jok terpapar sinar matahari, agar air yang terserap bisa menguap.

Sembari menunggu jok kering, keluarkan semua karpet yang ada di dalam kabin. Bersihkan dengan air dan gosok menggunakan sikat halus.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Bila memungkinkan, lepas sabuk pengaman dari dudukannya dan tarik hingga semua tali sabuk keluar. Jepit dengan klip kertas dan biarkan hingga kering.

Terakhir, buka doortrim atau panel penutup pintu. Dengan menggunakan lap bersih, keringkan panel pintu beserta kabel power window dan komponen lain yang terjangkau oleh tangan.

Setelah semua kering, pasang kembali karpet dan jok. Anda bisa menambahkan pewangi kabin bila diinginkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya