Cara Gampang Bikin Aki Motor Tahan Lama

Aki motor.
Sumber :
  • www.welovehonda.com

VIVA.co.id – Mengingat peran penting aki bagi sebuah kendaraan tentu membuat Anda harus rutin melakukan perawatan sehingga usia pakai akan lebih lama. Malas untuk melakukan perawatan tentu aki akan menjadi soak.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Aki yang soak juga berpotensi membuat bagian-bagian kendaraan termasuk mesin juga berpotensi mengalami kerusakan. Hal itu tentu akan membuat biaya perawatan kendaraan semakin membengkak. Lantas, Bagaimana cara merawat aki motor agar tetap awet?

Kepala Mekanik Honda AHASS Langgeng Jaya, Sulaeman menjelaskan aki bisa awet apabila mesin motor sering dinyalakan. Hal ini menurutnya agar menjaga kelistrikan aki motor tetap stabil. "Minimal seminggu digunakan dua hingga tiga kali, kalau motor tidak dipakai, panaskan saja dua menit, supaya tidak soak akinya," kata Sulaeman saat ditemui VIVA.co.id.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Menurut dia, penggunaan starter motor pada saat lampu MIL (Malfunction Indicator Lamp) sedang menyala juga membuat aki semakin berkurang keawetannya. Pasalnya, dengan MIL menyala tentu kondisi motor sedang tidak sehat.

"Kalau lampu MIL masih hidup terus langsung dihidupkan, kelistrikannya akan menyedot lebih banyak dari biasanya. Maka dari itu, tunggu lampu MIL nya padam terlebih dahulu, agar lebih awet," ujar dia.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Selain itu, Ia menyarankan agar selalu menggunakan electric starter setiap hari. Ini berguna untuk menghantarkan kelistrikan agar terbiasa. "Kecuali pagi hari. Penggunaan kick starter dapat membantu menyebarkan oli ke seluruh komponen dalam mesin motor dan itu bagus," katanya.

Gerbang tol Cikampek Utama. (Foto ilustrasi)

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Di jalan tol ini, terdapat dua jenis pelanggaran yang akan dipantau, yakni pelanggaran batas kecepatan dan pelanggaran kelebihan muatan.

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2022