Bersihkan Terminal Aki dengan Cara Super Murah

Pole dan terminal aki.
Sumber :
  • AstraWorld

VIVA.co.id – Salah satu komponen mobil yang wajib menjadi perhatian adalah pole dan terminal aki yang bisa kotor karena korosi. Pemandangan yang sering Anda lihat tentu adanya gumpalan serbuk putih yang menyelimuti kepala aki. Kasus ini terjadi karena reaksi yang timbul dari proses elektrolit pada tipe aki terutama aki basah.

Mitsubishi Manjakan Konsumen Lewat Program September Service Ceria

Gumpalan putih ini juga bisa berbahaya karena bisa memengaruhi kelistrikan dan jadi bocor arus. Akibatnya, usia baterai pun akan menjadi lebih pendek.

Untuk membersihkannya, ada cara murah meriah yang sebenarnya bisa dilakukan dan diterapkan di rumah. Menurut Satriawan Agung Prabowo, dari FAST, salah satu retail aki di Indonesia, membersihkan kerak gumpalan putih pada kepala aki tentunya akan menjadikan aki mobil lebih sehat. Arus dari aki lancar begitu pun dengan arus yang masuk ke dalamnya.

Ini Solusinya untuk Antisipasi Kaca Mobil yang Rawan Berjamur

“Sebenarnya bukan hal sulit untuk membersihkan bagian itu. Caranya mudah dan cukup murah. Ada beberapa cara sebenarnya, namun memiliki tahap hampir sama,” paparnya seperti dilansir AstraWorld, Kamis, 8 September 2016.

Yang pertama, kata dia, adalah dengan menggunakan baking soda. Caranya adalah dengan membuka terminal aki dan taburkan baking soda di atas terminal aki yang bermasalah tersebut. Setelah itu, tuangkan sedikit air lalu tunggu hingga bereaksi dengan baking soda. 

Biaya Perawatan Suzuki Ertiga Hybrid Cuma Segini

Langkah berikutnya adalah membersihkan dengan lap basah. Pastikan jika sisa baking soda sudah tidak menutupi lubang ventilasi aki lagi.

Cara kedua, gunakan air soda. Caranya adalah dengan menuangkan sedikit air soda pada kepala aki. Cara ini dilakukan karena akan langsung melarutkan gumpalan serbuk putih hingga ke sela-sela kepala aki dengan terminalnya. Jika sudah, langkah berikutnya adalah melanjutkan ke terminal aki dibuka dan seka dan bersihkan dengan lap basah.

Layanan servis mobil Mitsubishi.

Program ‘September Service Ceria’ Mitsubishi, Apa Manfaatnya?

Dalam rangka memberikan kemudahan kepada konsumen dalam melakukan perawatan kendaraan, Mitsubishi menghadirkan program September Service Ceria.

img_title
VIVA.co.id
24 September 2022