Manfaat Gas Setengah Putaran saat Hidupkan Motor Injeksi

Ilustrasi kabel gas dan kopling di sepeda motor
Sumber :
  • Welovehonda

VIVA.co.id – Sepeda motor berteknologi injeksi saat ini terus digandrungi keberadaannya. Diminati, karena motor jenis injeksi lebih irit dalam hal konsumsi bahan bakar, serta lebih ramah terhadap lingkungan.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Namun demikian, hingga kini masih banyak pengguna motor injeksi yang tak tahu untuk sekadar menghidupkan motor dengan benar. Padahal, perlakuan saat menghidupkan motor injeksi dengan motor karburator berbeda.

Menurut Stanley, mekanik sebuah bengkel resmi Honda di Jakarta, sebelum dihidupkan, pastikan kunci dalam posisi 'ON' dan pastikan suara pompa bensin telah bekerja. Pompa bensin memberikan tekanan maksimal agar bahan bakar bekerja sempurna ketika mesin dihidupkan pertama kali. 

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Lalu sebelum digunakan, ada baiknya motor dipanaskan telebih dahulu sekira tiga menit dengan cara diengkol atau kick starter. "Awali menghidupkan motor dengan cara diengkol," kata Stanley kepada VIVA.co.id, Rabu 13 September 2016.

Menurut dia, kalaupun di-starter, diharapkan pada saat menekan tombol starter, puntir handel gas setengah putaran selama tiga detik.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

"Kenapa tiga detik? Untuk menghindarkan banjirnya ruang bakar oleh bensin yang bisa menyebabkan hilang kompresi di ruang bakar dan busi dalam keadaan basah akibat uap bensin yang berlebih," ungkap dia.

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022