Tips Sederhana Bikin Ban Motor Lebih Awet

Ban tapak lebar pada sepeda motor.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Ban merupakan komponen pertama yang langsung bersentuhan dengan aspal atau jalan. Tanpa adanya ban, motor tentunya tidak akan bisa melakukan manuver dan berjalan dengan mulus.

Pengguna Motor Matik Wajib Lakukan Perawatan CVT seperti Ini

Namun, karena langsung menempel pada bagian jalan, ban sering mengalami kerusakan. Dan tentunya bisa bikin tidak aman saat berkendara.

Kerusakan pada ban bisa terjadi karena beberapa faktor. Bisa dari tekanan angin yang terlalu berlebihan atau sebaliknya. Ban juga bisa rusak karena faktor lain, seperti sering terkena benda-benda tajam. 

6 Cara Mudah Merawat Motor saat Musim Hujan

Tapi, jika ban dirawat, tentunya akan meminimalisir terjadinya kerusakan yang lebih parah. Lantas, Bagaimana cara merawat ban agar tetap awet?

Ario, penggawa Rumah Ban di Lebak Bulus Jakarta Selatan mengatakan, beberapa cara agar ban motor lebih awet dan tentunya membuat biaya Anda terasa lebih ringan.

Cara Mudah Mencegah Rantai Motor Lepas atau Cepat Putus

Pertama, harus sering mengatur tekanan angin agar terkontrol sesuai standar pabrikan. Anda bisa mengecek sepekan sekali. "Memang terkadang kendalanya malas," kata Ario kepada VIVA.co.id, Rabu 14 September 2016.

Dengan tekanan angin sesuai aturan, ini akan menjaga keamanan serta kenyamanan pengendara. "Kalau kempes juga kan tidak enak digunakan, tidak bisa bermanuver, dan berbahaya bagi penggunanya," ujar dia.

Selain itu, kata dia, selalu bersihkan kerikil yang menempel di kembang ban, gunanya untuk mengurangi kebocoran udara. "Ini akan meminimalisir kebocoran dan kerusakan kembang ban," tutur Ario.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya