Penyebab Kopling Mobil Terasa Keras

Ilustrasi kopling mobil.
Sumber :
  • www.toyota.astra.co.id

VIVA.co.id – Kopling merupakan salah satu komponen penting pada mobil. Fungsinya yakni menghubungkan dan mengurangi putaran mesin ke unit transmisi. Tanpa kopling, gigi transmisi tidak akan bisa masuk dengan mudah saat mobil pindah gigi persneling.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Namun seiring penggunaan mobil dalam jangka panjang, komponen itu pasti akan mengalami gangguan, salah satunya kopling terasa keras.

General Repair Service Manager Workshop Department Technical Service Division PT Toyota Astra Motor (TAM), Iwan Abdurahman mengungkapkan, penyebab kopling mobil terasa keras atau berat lantaran pelat kopling sudah aus atau tipis.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

"Kalau kopling sudah berat dan injakkannya dalam, biasanya dari pelat matahari yang sudah aus atau pelat koplingnya sendiri," kata Iwan kepada VIVA.co.id, di Jakarta, Kamis 15 September 2016.

Menurut dia, jika kopling mobil sudah mulai terasa berat, sebaiknya segera dibawa ke bengkel resmi untuk diganti satu set kopling. Agar nantinya tak memakan biaya yang besar jika dibiarkan. "Sebaiknya diganti satu set yang ada di sekitar kopling kalau sudah keras. Satu set yang ada seperti pelat kopling, release bearing, matahari," ungkap dia.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

Dia menegaskan, cara perawatan kopling mobil bisa dilakukan pemilik dengan mudah, salah satunya tak agresif saat mengemudi. "Nyetir agresif meniru gaya pembalap bikin cepat rusak komponen kopling, cara pakai kopling juga harus benar, jangan sering injak setengah kopling, karena akan cepat aus pelatnya," katanya.

(mus)
 

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022