Tips Rawat Helm Full Face yang Benar

Helm full face Nexx XT1 Exos. Foto ilustrasi.
Sumber :
  • Visordown

VIVA.co.id – Bagi pengendara roda dua, pasti sudah tidak asing lagi dengan helm full face. Tapi banyak pengendara yang belum bisa merawat dengan benar. Sebenarnya merawat helm full face tak jauh berbeda dengan half face. Bisa dibilang mudah jika helm dirawat rutin.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Director Ramopro Performance, Richard Ryan memberikan tips merawat helm full face agar tetap bersih dan tidak bau apek. Pertama, simpan di tempat bersih dan aman. 

"Usahakan tidak terpapar matahari langsung dan air hujan untuk menjaga cat agar lebih tahan lama. Kalau sedang di parkiran, usahakan jangan taruh helm di motor," kata Ryan kepada VIVA.co.id di Jakarta.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Kedua, membuka kaca helm selama tidak dipakai. Tujuannya agar ada sirkulasi udara dari dalam helm dan meminimalisasi bau tidak sedap dan tumbuhnya bakteri karena keringat.

"Ini yang orang sering lupa," ujar dia.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Ketiga, membersihkan helm full face secara rutin, minimal dua bulan sekali agar kebersihan helm tetap terjaga dan melindungi area wajah dari kuman sisa keringat yang menempel.

"Cari semprotan pembunuh bakteri yang tidak berbau untuk membunuh kuman di bagian interior helm. Jangan dicuci terlalu sering nanti akan merusak helm," ujar dia.

Terakhir ia menyarankan visor dibersihkan secara rutin oleh pemilik. Caranya mudah, bersihkan visor dengan kain halus dan semprot wax pemoles untuk motor. Dibersihkan pun secara hati-hati agar visor tetap bening dan tidak tergores.

"Jadi selain nyaman, saat dipakai juga tidak menghalangi pandangan dalam berkendara," katanya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya