Berapa Lama Umur Sebuah Ban Mobil?

Ilustrasi pelek dan ban mobil.
Sumber :
  • Webcartop

VIVA.co.id – Ban merupakan komponen wajib bagi setiap kendaraan. Tanpa adanya komponen ban, mobil tentunya tidak akan bisa berjalan dengan mulus. Namun, meski penting ternyata ban juga memiliki masa umur penggunaannya. Sama seperti benda-benda atau komponen yang lain, semakin tua umur ban maka kualitasnya juga semakin berkurang. 

Cek 7 Komponen Ini Setelah Mobil Dipaksa Kerja Keras saat Mudik Lebaran

Jika sudah begitu maka tentu akan berpengaruh bagi keselamatan pengendara. Lantas, berapa lamakah ideal usia penggunaan ban?

Kepala Bengkel My Auto di Duren Sawit, Jakarta Timur, Ma'ruf Zainudin mengatakan, umur ban apabila kendaraan sering digunakan batas maksimalnya itu tidak lebih dari 40 ribu kilometer. "Batasnya segitu, misalkan kendaraan sering digunakan untuk perjalanan dengan jarak tempuh yang stabil," kata Ma'ruf kepada VIVA.co.id.

Waspada, Ini Tanda-tanda Ban Mobil Mau Pecah!

Lain halnya jika kendaraan jarang digunakan, menurut Ma'ruf maka penggunaan maksimalnya adalah tiga tahun. "Usia maksimal tiga tahun itu juga sudah ditandai dengan adanya komponen ban yang mulai rusak, seperti karet yang mulai retak dan juga sudah tidak bagus penampilannya," ujar dia.

Selain itu, Ma'ruf menuturkan agar pemilik kendaraan untuk sering memperhatikan tanda segitiga yang ada di sela-sela alur kembang ban dengan huruf TWI (tread wear indicator). Tanda ini merupakan patokan keausan ban. Jika ketebalan kembang ban sudah sama dengan tanda TWI, ban motor sudah aus perlu dilakukan penggantian secepatnya. "Jika ban sudah tergerus mencapai tanda ban tersebut, maka harus dilakukan penggantian," tutur dia.

Arti Penulisan Kode di Ban Mobil, Mulai Tanggal Prodiksi hingga Cara Bacanya

Teknisi sedang melakukan balancing ban motor.

Ia juga menyarankan agar penyimpanan ban harus di tempat yang suhunya tidak terlalu lembab atau panas, idealnya sekira 27 derajat celsius. "Penyimpanan ban berpengaruh, bagusnya suhunya tertentu standar Indonesia, dan posisinya kalau bisa tetap di atas keramik. Itu yang membuat kelenturan ban berpengaruh terhadap suhu," tutur dia.

VIVA Otomotif: Ilustrasi ban mobil

Viral Bengkel di Puncak Bogor Getok Harga Ganti Ban Mobil Rp200 Ribu, Polisi Turun Tangan

Viral di media sosial seorang pemilik mobil yang curhat karena merasa kena harga yang sangamahal saat mengganti ban mobil di salah satu bengkel di kawasan Puncak, Bogor.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024