Cara Benar Hidupkan Motor yang Lama Tidak Dipakai

Motor tua.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Karena beberapa alasan, ada beberapa sepeda motor yang jarang digunakan oleh pemiliknya. Sayangnya, anggapan semakin jarang motor dipakai semakin awet ternyata tidak benar.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Motor justru rentan mengalami kerusakan saat dibiarkan parkir selama beberapa waktu. Salah satu contoh kerusakan yang muncul adalah adanya karat pada komponen mesin. Jadi, ada baiknya mesin sesekali dihidupkan.

Namun, menghidupkan mesin motor yang lama tidak dipakai butuh cara khusus. Ini untuk menghindari kerusakan pada komponen mesin gara-gara kurang pelumasan.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Misalnya motor yang disimpan lebih dari satu bulan, oli mesin akan mengendap di bak penampungan. Sementara saat mesin dihidupkan, komponen mesin di bagian atas butuh pelumasan yang banyak.

Jangan sampai saat mesin pertama kali dihidupkan, komponen di kepala silinder dalam kondisi minim pelumasan.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Lantas, supaya aman, bagaimana cara menghidupkan motor yang sudah lama tak digunakan?

Mekanik salah satu bengkel Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) di Jakarta Timur, Stanley mengatakan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan pemilik, agar motor tetap aman saat lama tak digunakan.

"Yang pertama kali harus diperhatikan sebelum menghidupkan mesin motor yang lama tak digunakan yaitu dengan melakukan mengengkol sebanyak 15 kali, agar olinya bersirkulasi," kata Stanley kepada VIVA.co.id di Jakarta.

Setelah itu, coba menghidupkan mesin sepeda motor dengan bantuan choke. "Itu buat motor yang masih menggunakan choke. Jika tidak ada choke, hidupkan mesin dengan memakai engkol," ujar dia.

Komponen lain yang perlu diperiksa sebelum motor dihidupkan adalah aki. Jika aki soak karena dibiarkan terlalu lama tidak dipakai, maka pengisian listrik menjadi sia-sia. Alhasil, mesin mungkin tidak bekerja dengan normal. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya