Trik Mujarab Copot Stiker Tanpa Berbekas

lepas stiker pada mobil
Sumber :
  • cars.com

VIVA.co.id – Pengguna kendaraan baik motor maupun mobil diminta tidak sembarangan dalam menempelkan stiker di kendaraannya. Mengingat, stiker yang menempel kuat akan sulit dilepas dan justru merusak bodi jika dipaksa lepas.

Tips Mudah Rawat Stiker Mobil, Jangan Sering Dicuci

Konsultan car care dari Detailbox, Oktavianus mengatakan, cara paling mudah membersihkan stiker tambahan pada bodi kendaraan adalah dengan mengoleskan minyak tanah. "Kalau pakai profesional produk bisa bug and tar remover atau adhesive remover. Tapi yang murah ya minyak tanah juga beres," katanya kepada VIVA.co.id di Jakarta, Kamis 27 Oktober 2016.

Dia menjelaskan, stiker tambahan yang menempel cukup lama akan meninggalkan bekas sehingga membuat belang bodi kendaraan. Hal itu dapat dihilangkan dengan obat poles. "Biar tidak belang, maka dipoles biar warnanya sama," ungkapnya.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Menurutnya, menghilangkan bekas stiker tidak bisa dilakukan dengan cara menyikat, yang pada akhirnya akan menimbulkan baret di bodi kendaraan. Cara paling afdol adalah membasahi stiker dengan minyak tanah dan digosok perlahan hingga lepas menyeluruh.

Mobil dengan stiker.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

"Jangan disikat. Basahi stiker dengan minyak tanah, nanti lama-lama stiker lepas. Nah, pelan-pelan tarik stiker sambil dibasahi minyak tanah," ujarnya menambahkan.

Setelah stiker terlepas maka bersihkan sisa lemnya dengan lap yang dibasahi minyak tanah sampai tidak berbekas. "Kalau sudah bersih ya cuci bodi pakai sampo dan keringkan. Selesai deh," katanya.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya