Jangan Sering Buka Tutup Radiator, Ini Efek Buruknya

Ilustrasi radiator coolant
Sumber :
  • Toyota Astra

VIVA.co.id – Penutup radiator tentu terdengar seperti komponen yang sepele oleh sebagian pemilik kendaraan. Padahal komponen ini terbilang cukup berpengaruh dan tak boleh keseringan dibuka-tutup. Andi pun dibuka-tutup, cukup dilakukan pada saat menguras air radiator saja.

Program ‘September Service Ceria’ Mitsubishi, Apa Manfaatnya?

Karena apabila terlalu sering membuka tutup radiator akan memperbesar peluang tutup radiator rusak. Bila terjadi kerusakan pada tutup radiator, otomatis kerja komponen ini terganggu. Salah satu kemungkinan yang muncul kemudian bila tutup radiator rusak adalah overheating, suhu panas mesin berada di atas batas normal. Demikian dilansir AstraWorld, Rabu, 16 November 2016.

Overheating merupakan kondisi mesin panas yang melebihi toleransi, mesin mungkin berbunyi tidak normal, kurang bertenaga, boros bahan bakar, bahkan mogok di tengah jalan. Banyak hal yang sebenarnya menyebabkan overheating. Namun intinya kondisi tersebut muncul karena sistem pendinginan tidak bekerja dengan baik. Pada banyak kasus, overheating berangsur-angsur mencuat karena ada masalah pada tutup radiator.

Mitsubishi Manjakan Konsumen Lewat Program September Service Ceria

Dari segi fungsi, tutup radiator memegang peranan yang sama besar dalam hal menjaga temperatur mesin. Komponen inilah yang akan menjaga volume air pada sistem pendingin mesin.

Peran itu dijalankan oleh katup-katup pada tutup radiator. Ada dua katup dalam komponen ini, yaitu: katup tekan dan katup vakum. Kedua katup inilah yang secara bergantian mengeluarkan dan menghisap sehingga air berputar dari tangki reservoir --tangki cadangan-- ke radiator.

Yuk Mengenal Air Radiator, dari Fungsi, Warna Hingga Waktu Ganti

Kedua katup pada tutup radiator inilah yang kemungkinan besar mengalami kerusakan apabila tutup radiator sering dibuka-tutup. Karena kerusakan itu, sirkulasi air kemudian menjadi tidak bagus. Yang lebih buruk lagi, lama kelamaan volume air radiator semakin berkurang karena tumpah keluar melalui tangki reservoir. Kekurangan jumlah air inilah yang kemudian memicu terjadinya overheating.

Karena itu, untuk mendeteksi terjadinya kerusakan pada tutup radiator bisa dilakukan dengan melihat air pada tangki reservoir. Periksa ketinggian permukaan air pada tangki tersebut. Apabila tangki cadangan selalu penuh --bahkan air keluar dari selang pada tutup tangki reservoir-- ini pertanda bahwa tutup radiator sudah perlu diganti.

VIVA Otomotif: Booth Autochem di GIIAS 2023

Ada Air Radiator yang Bisa Berubah Warna di GIIAS 2023

Peluncuran berbagai produk baru terus berlangsung di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2023, Tidak hanya unit mobil atau motor baru, namun jug

img_title
VIVA.co.id
17 Agustus 2023