Cara Melibas Tanjakan Off-road Bagi Pemula

Land Rover Defender
Sumber :
  • theautochannel.com

VIVA.co.id – Berbeda dari mobil yang biasa dikendarai di jalanan, cara mengemudikan mobil off-road sedikit berbeda.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh pengguna mobil saat pertama mengendarai mobil off-road, yaitu selalu menyangka bahwa apabila mobil tak kuat menanjak, maka pedal gas diinjak semakin dalam.

"Harusnya itu diatur gasnya, bukan malah di-geber saat tanjakan. Karena, mobil off-road tetap bisa menanjak di jalanan licin, meski jalannya perlahan," kata Tim Konsultan Indonesia SmartDrive, Momon S Maderoni, kepada VIVA.co.id, Jumat 18 November 2016.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Disarankan, lanjut Momon, pengemudi mempertahankan putaran mesin yang normal, yakni sekitar 3.000 rotations per minute dengan menggunakan gigi satu.

Selain itu, perhatikan setiap bebatuan yang dilewati oleh ban. Gunakan insting saat menemukan jalan licin, sehingga tidak terjebak oleh batu.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

"Yang penting itu insting. Insting itu kan tidak ada sekolahnya. Jadi, semuanya perlu dipertimbangkan. Kondisi permukaan jalan, pijakan ban, titik-titik awal pedal gas diinjak, posisi bodi kendaraan. Agar bisa menanjak dengan aman," katanya.

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022