Kenali Penyebab Mobil Boros Bahan Bakar, Wajib Tahu

Petugas mengisi bahan bakar
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Memiliki mobil dengan konsumsi bahan bakar irit tentunya menjadi idaman bagi banyak orang. Selain lebih ramah terhadap lingkungan, mobil irit bahan bakar juga akan lebih aman 'menjaga' kantong pemiliknya.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Umumnya, banyak cara yang kemudian ditempuh para pemilik mobil agar kendaraan yang digunakan tetap irit. Salah satunya, memburu informasi mengenai apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan agar mobil lebih irit. Lantas, apa penyebab mobil bisa boros?

Technical Service Division PT Toyota Astra Motor (TAM), Iwan Abdurahman, mengatakan, banyak faktor yang bisa menjadikan konsumsi BBM mobil bisa boros.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

"Misalkan kalau mobil Toyota Avanza dirasa jadi boros, hal yang pertama mungkin karena ban mobil mengalami kempes saat digunakan," katanya kepada VIVA.co id, Kamis 1 Desember 2016.

Ketika ban mobil kempes, secara tidak langsung konsumsi bahan bakar akan lebih boros dari sebelumnya. Sebab, beban mobil tentunya akan lebih berat karena tidak dibantu oleh ban yang berjalan.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Kedua, kata Iwan, terlalu banyak membawa beban di mobil akan membuat mobil mengonsumsi bahan bakar yang lebih boros.

"Terkena macet juga sama, konsumsi bahan bakar akan lebih banyak karena mobil tidak berjalan dan tetap hidup," ujarnya.

Secara umum, pengendara yang menempuh kondisi jalan macet akan mengonsumsi BBM lebih banyak dibandingkan pengendara yang menempuh kondisi jalan lancar. Hal ini disebabkan oleh pembukaan dan penutupan throttle lebih banyak pada jalan macet dibandingkan jalan lancar.

Penyebab lainnya adalah injektor mengalami penyumbatan serta sensor udara yang kotor akan berpengaruh terhadap borosnya konsumsi bahan bakar mobil.

"Rem macet juga bisa, ataupun telat melakukan servis berkala, secara tidak langsung kan oli akan jelek, saringan udara kotor, dan juga busi tidak bagus. Kondisi ini berpengaruh terhadap asupan bahan bakar," tuturnya.

Untuk mengantisipasinya, Iwan menyarankan agar pemilik mobil tidak lupa melakukan servis secara berkala guna menghindari terjadinya konsumsi bahan bakar yang berlebihan.

"Selain itu, jangan lupa cek tekanan ban sebulan sekali dan jangan bawa barang atau beban yang tidak perlu," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya