Tiga Bahan Dapur Ampuh Hapus Karat Kendaraan

Karat pada bodi mobil.
Sumber :
  • Toyota

VIVA.co.id – Gempuran karat sepertinya menjadi momok tersendiri bagi para pemilik sepeda motor atau mobil. Karat biasanya mulai subur di musim hujan, lantaran kendaraan yang tak segera dibersihkan.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Sebenarnya menghilangkan karat tidaklah sulit. Meski di pasaran sudah banyak produk menghapus karat, namun adapula bahan-bahan yang ada di dapur bisa dimanfaatkan sebagai solusi menghapus karat.

Menghilangkan karat pada kendaraan prinsipnya sama dengan menghilangkan karat pada logam atau benda-benda di rumah kita. Bahan dapur pertama yang bisa digunakan untuk menghapus karat yakni cuka. Demikian dilansir situs resmi Daihatsu, Selasa, 27 Desember 2016.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Caranya, tinggal menggunakan sikat dan lap khusus, lalu cuka tersebut dicampurkan sedikit air. Jika bagian kendaraan yang berkarat bisa dibongkar, Anda hanya perlu merendam bagian yang berkarat dengan air cuka selama satu sampai dua hari. Jika karat masih ada, perendaman mesti dilakukan lebih lama, sehingga asam yang terkandung pada cuka dapat memiliki banyak kesempatan untuk melakukan tugasnya.

Kedua, bahan dapur lainnya yang bisa digunakan yakni lemon atau jeruk nipis. Selain untuk menghilangkan noda pada pakaian, lemon atau jeruk nipis ini juga efektif untuk menghilangkan karat pada logam jika dibiarkan bekerja untuk waktu yang cukup lama. Caranya, taburkan garam di atas bagian yang berkarat, rendam dengan lemon atau jeruk nipis, dan kemudian kikis dengan bola penggosok alumunium.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

Ketiga, yakni baking soda. Baking soda sangat efektif untuk membersihkan karat di kendaraan. Caranya dengan menyikat bagian yang berkarat menggunakan sikat atau lap khusus yang sudah direndam dalam baking soda. Selamat mencoba.

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022