Tangki Cadangan Radiator Tak Boleh Diisi Penuh

Ilustrasi radiator coolant
Sumber :
  • Toyota Astra

VIVA.co.id – Radiator mobil umumnya dilengkapi dengan tangki cadangan atau reservoir. Fungsinya untuk menampung air yang mendidih akibat terpapar panas mesin mobil.

Ada Air Radiator yang Bisa Berubah Warna di GIIAS 2023

Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor, Anjar Rosjadi mengungkapkan, tangki cadangan tak boleh diisi air sampai penuh.

"Ketika radiator panas, dia akan beri tekanan ke tangki cadangan. Airnya akan masuk ke reservoir. Dan bila reservoir penuh, air akan tumpah dan terbuang sia-sia," kata Anjar kepada VIVA.co.id di Jakarta, Rabu 28 Desember 2016.

Yuk Mengenal Air Radiator, dari Fungsi, Warna Hingga Waktu Ganti

Menurut Anjar, mengisi air reservoir sebaiknya sesuai dengan batas yang terdapat pada badan tangki. Sebab, fungsinya hanya untuk menambahkan air radiator, agar jumlahnya tetap sesuai dengan kebutuhan.

"Isi air reservoir harus sesuai aturan. Kan ada batas atas dan atas bawah, ikuti itu saja. Kalau air diisi di batas bawah, otomatis performa pendingin enggak akan optimal," ujarnya singkat.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Ia juga menyarankan untuk mengisi radiator dengan cairan khusus, bukan air mineral. Sebab, titik didih cairan khusus sedikit lebih tinggi ketimbang air biasa.

Selain itu, cairan khusus yang kerap disebut radiator coolant juga dicampur dengan bahan khusus yang dapat mencegah terbentuknya karat.

Apabila memakai air biasa, karat bisa terbentuk di saluran radiator atau jalur air mesin. Hal itu radiator mengalami korosi. Bahkan, kerak karat juga bisa menutup jalur air.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya