Cara Mudah Membedakan Jok Kulit Asli dan Sintetis

Ilustrasi interior jok kulit.
Sumber :
  • Foto: Dok Mercedes-Benz

VIVA.co.id – Pelapis jok mobil menjadi salah satu aksesori yang dipasang untuk menambah kenyamanan berkendara sehari-hari. Material yang tersedia jenisnya beragam, mulai dari bahan kain atau fabric hingga kulit.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Khusus untuk material kulit, saat ini banyak beredar pelapis kulit sintetis, yang dibuat menyerupai kulit asli. Tak sedikit calon konsumen yang tertipu oleh pedagang ‘nakal’ saat membelinya.

Penggawa Invention Jok Kemayoran, Wisnu mengungkapkan, sebenarnya ada cara sederhana mendeteksi pelapis jok itu kulit asli atau sintetis. Caranya yaitu dengan memanfaatkan panas api.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

"Semurah apa pun harganya, kalau kulit asli tidak akan terbakar," kata Wisnu saat ditemui di MGK Kemayoran, Jakarta, Kamis 29 Desember 2016.

Selain menyulut dengan api, perbedaan kulit asli atau kulit sintetis juga bisa diketahui saat diraba. Pelapis jok kulit asli teksturnya akan terasa kasar.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

"Meski kasar, tapi tetap nyaman digunakan. Kalau kulit sintetis, teksturnya lembut tapi lengket,” jelasnya.

Dia tak menampik kulit asli harganya lebih mahal tiga kali lipat dari kulit sintetis. Namun, kenyamanan yang ditawarkan juga berbeda jauh.

"Kalau kulit sintetis yang bahannya lumayan bagus harganya Rp1,9 – 4 juta. Kalau kulit asli, harganya sampai belasan juta," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya