Cara Lalui Tanjakan Tanpa Boros Bahan Bakar

Mobil di jalan menanjak.
Sumber :
  • karimunestilo.com

VIVA.co.id – Naiknya harga bahan bakar non-subsidi pada awal Januari 2017 kemarin, membuat beberapa pemilik mobil mencari cara baru dalam hal irit BBM.

Terpopuler: Mobil Irit BBM di Bawah Rp100 Juta, Pajero Sport Baru Sudah di Diler

Salah satunya yakni menerapkan cara berkendara yang hemat bahan bakar. Cara ini dianggap manjur oleh mereka yang setiap hari mengendarai mobil untuk aktivitas sehari-hari.

Tapi ternyata, ada juga teknik berkendara khusus yang bisa dipraktikkan saat berkendara ke luar kota, agar penggunaan BBM tetap minimal.

Daftar Mobil Baru di Bawah Rp100 Juta yang Bensinnya Irit Banget

Teknik yang satu ini ampuh digunakan saat mobil harus melalui tanjakan dengan kemiringan 30-60 derajat. Syaratnya, kondisi jalan harus lancar.

Seperti yang diketahui, mesin butuh tenaga besar untuk bisa menggerakkan mobil melintasi tanjakan. Ini karena mesin menanggung beban yang lebih berat, akibat harus melawan gaya gravitasi bumi.

Terpopuler: 6 Mobil Baru Harga Rp100 Jutaan, Ada Diskon Besar di IIMS 2024

Dilansir dari Fuelly, Senin 9 Januari 2017, sebelum mobil melalui tanjakan, pastikan Anda menginjak pedal gas lebih dalam. Hal ini berguna untuk menaikkan kecepatan mobil.

Kecepatan mobil yang lebih tinggi akan membuat energi momentum menjadi lebih besar. Hasilnya, tenaga yang dibutuhkan mesin untuk bisa menggerakkan mobil ke atas lebih sedikit.

Meski pedal gas diinjak sebelum melintasi tanjakan, namun jumlah bahan bakar yang digunakan lebih sedikit dibandingkan dengan yang dipakai mesin untuk menanjak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya