Panduan Pasang Spion Lipat untuk Mobil Eropa

Spion lipat untuk mobil Eropa.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Jeffry Yanto

VIVA.co.id – Mobil Eropa lawas rakitan 1997-1999, seperti Mercedes-Benz W202, W210 New Eyes, BMW E46, dan BMW E39, belum diengkapi dengan spion yang bisa dilipat secara elektronik.

Sekali Gasak, Maling Spion Bisa Raup Puluhan Juta Rupiah

Untuk bisa mendapatkan kemewahan tersebut, pemilik mobil harus memodifikasi spion beserta rumahnya. Bengkel aksesori Garasi Sunroof di kawasan ITC Fatmawati, Jakarta Selatan, menyediakan spion retractable yang dimaksud dengan hargan bervariasi.

Pemilik bengkel, Dewa mengatakan, untuk spion Mercy W202 dan W210, harganya Rp3,5 juta. Harga tersebut belum termasuk tombol yang dibanderol Rp500 ribu.

Banyak yang Belum Tahu, Ini Posisi Spion Mobil yang Tepat

Sementara untuk BMW E39 dan E46, harganya Rp3,5 juta sudah termasuk tombol. Khusus BMW E39, spion saja dihargai Rp2,5 juta, sedangkan tombol Rp1,5 juta.

"Harga itu memang belum termasuk pasang, karena kami hanya menjual saja. Kalau BMW M5 tahun 2000, harganya Rp5 juta spion saja. Kalau tombol, Rp1,5 juta. Tombolnya menyatu dengan power window," ujarnya kepada VIVA.co.id.

Ketahui Bahaya Gantung Aksesori di Spion Tengah Mobil

Ia menuturkan, spion itu didatangkan dari luar negeri, seperti Jepang, Malaysia dan Singapura. "Modifikasinya mudah, tanpa banyak perubahan,” jelasnya.

Perbedaan antara spion yang ia jual dengan spion yang selama ini terpasang pada mobil adalah adanya motor penggerak. Motor ini berfungsi melipat rumah spion, sehingga tidak mudah tersenggol dan patah saat mobil terparkir di ruang yang sempit.

Spion motor.

Jangan Anggap Remeh Fungsi Spion di Sepeda Motor

Bisa bantu pengendara cegah kecelakaan dan pembegalan.

img_title
VIVA.co.id
23 Juni 2020