Cara Mudah Bikin Lampu Spoiler Avanza Berkedip

Spoiler Avanza.
Sumber :
  • Toyota

VIVA.co.id – Lampu Light Emitting Diode (LED) di spoiler Toyota Avanza, pada dasarnya selain berfungsi sebagai pemanis, juga dapat menambah penerangan di sektor belakang. Karena, saat melakukan pengereman, lampu spoiler akan menyala.

Aksi Pemudik Angkut Dua Motor dengan Satu Mobil Bikin Warganet Heran

Sejatinya lampu spoiler menyala dengan konstan, selama pedal rem diinjak. Tetapi, komunitas Toyota Avanza Club Indonesia (Taci) memiliki trik tersendiri, agar lampu spoiler dapat berkedip seperti halnya mobil kelas premium. Bagaimana caranya?

"Hanya memasang modul yang kita bikin sendiri dengan tambahan dua dioda, digabungkan dengan kabel lampu spoiler dan dijumper ke kabel lampu senja," ujar Udenk Citrawan, anggota komunitas Taci kepada VIVA.co.id.

Viral Video Aksi Heroik Polisi Naik Motor Stut Mobil Avanza Mogok, Kuat Banget Kakinya

Dia melanjutkan, jika dioda dan modul racikannya sudah terpasang, saat lampu senja diaktifkan lampu spoiler secara otomatis akan menyala normal. Tetapi, menariknya setiap tiga detik akan berkedip. Pengoperasiannya tanpa perlu menginjak rem terlebih dahulu. "Tapi kalau pedal rem diinjak lampu spoiler akan tetap menyala, hanya berkedipnya saja yang jadi lebih cepat," sambungnya.

Anggaran yang perlu dipersiapkan untuk menyulap spoiler berkedip ala komunitas Avanza hanya sekira Rp100 ribu. Kini modul itu, kata dia, juga sudah mudah ditemukan di pasaran dengan harga jual Rp150 ribu. "Harga diodanya kan murah Rp30 ribuan. Tapi sekarang, sudah ada modul seperti ini di pasaran," tuturnya. (asp)

Viral Aksi Cepat Maling Curi Ban Serep Truk di Jalan Tol
Ilustrasi tambal ban mobil.

4 Ban Mobil Toyota Avanza Hilang Dicuri Saat Parkir

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Instagram @Jabodetabek.terkini pada Sabtu, 20 April 2024, terdapat sebuah video memperlihatkan mobil Toyota Avanza kehilangan ban.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024