Rahasia Umur Panjang Ban Mobil, Tidak Banyak yang Tahu

Ban Dunlop.
Sumber :
  • Superstreetonline

VIVA.co.id – Saat membeli ban mobil, kebanyakan konsumen hanya melihat dari banderolnya. Faktor yang kerap luput dari pertimbangan adalah daya tahannya.

Viral Bengkel di Puncak Bogor Getok Harga Ganti Ban Mobil Rp200 Ribu, Polisi Turun Tangan

Padahal, ada beberapa ban yang didesain khusus agar bisa digunakan hingga jarak yang cukup jauh. Lalu, bagaimana cara mengetahuinya?

Training Manager PT Sumi Rubber Indonesia, Bambang Hermanuhadi, mengatakan, faktor yang memengaruhi umur ban yakni desain tapaknya.

Cek 7 Komponen Ini Setelah Mobil Dipaksa Kerja Keras saat Mudik Lebaran

"Gesekan ban ke permukaan jalan yang tidak merata atau stressing lebih banyak di bahu (pinggir ban), akan menimbulkan keausan tidak rata. Keausan itu yang menyebabkan umur ban lebih pendek," ujarnya di Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Selain itu, faktor lainnya yakni bahan ban dan desain alur tengah. Kata dia, jika alur tengah ban jumlah tidak terlalu banyak, itu bisa membuat ban lebih lama dipakainya.

Waspada, Ini Tanda-tanda Ban Mobil Mau Pecah!

"Beban kendaraan dan penumpang ditopang oleh luas permukaan area tengah ban yang lebih besar. Otomatis membuat keausan lebih kecil," tuturnya. (art)

Ilustrasi ban mobil bocor

Pengguna Mobil Nyaris Jadi Korban Kejahatan, Warganet Fokus ke Penumpang Perempuan

Modus kejahatan di jalan raya kian beragam, seperti yang baru-baru ini terjadi di media sosial menunjukkan aksi kejahatan dengan modus berteriak ban mobil kempes.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024