Tips Mudah Rawat Mobil yang Dibalut Stiker

Ilustrasi mobil dengan stiker.
Sumber :
  • Toyota

VIVA.co.id – Banyak cara dilakukan pecinta modifikasi untuk mengubah tampilan kendaraan, salah satunya penggunaan stiker atau body wrapping pada bodi kendaraan. Namun ternyata mobil berstiker juga butuh perawatan.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Spesialis cutting sticker dari Pacman Sticker, Galih Sugiyanto mengungkapkan, cara perawatan mobil yang dilapisi stiker tidak lah sulit. Namun perawatan harus disesuaikan dengan karakteristik bahan. "Perawatannya mudah, tapi tiap jenis stiker memiliki perawatan berbeda, model glossy, doff dan krom itu merawatnya beda," kata Galih kepada VIVA.co.id di Jakarta, Jumat 10 Februari 2017.

Dia mengungkapkan, mobil yang dilapisi stiker tidak boleh terlalu sering dipoles. Apalagi jika stiker yang digunakan adalah model glossy. Dia menyarankan pemilik memoles setiap tiga bulan sekali. "Kalau glossy, kita poles manual tiga bulan sekali saja sudah cukup. Saat memoles hindari penggunaan kain kasar supaya kualitas dari stiker tersebut tetap bagus," ujarnya menambahkan.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Untuk stiker doff sebenarnya tidak memerlukan perawatan khusus. Pemilik cukup mencuci mobil seperti biasa untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada bodi kendaraan. "Stiker doff enggak boleh kena obat poles. Cukup cuci saja, karena kalau kena obat poles bisa menimbulkan bercak pada stiker juga bisa merusak cat," ungkap dia.

Sedangkan stiker krom, harus memerlukan perawatan khusus. Ketika melakukan pencucian, bodi kendaraan harus dibilas dengan kain sintetik. Tak disarankan menyemprot mobil berstiker krom dengan air bertekanan. "Kalau pakai air bertekanan tinggi bisa merusak perekat di dalamnya, kalau ada kotoran bisa dicuci pakai sampo mobil. Mobil berstiker juga enggak boleh kena sinar matahari terlalu lama," ungkapnya.
 

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini
VIVA Otomotif: Ilustrasi stiker mobil

Tips Mudah Rawat Stiker Mobil, Jangan Sering Dicuci

Stiker mobil makin diminati para modifikator di tanah air.

img_title
VIVA.co.id
5 Oktober 2022