Trik Hilangkan Bau Apek di Mobil ala Bengkel

Interior mobil yang sedang dibongkar.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Pius Yosep Mali

VIVA.co.id – Tak hanya menjadi basah atau lembap, air banjir yang masuk ke dalam mobil bisa membuat kabin beraroma tidak sedap. Untuk menghilangkannya, tak cukup hanya membongkar dan membersihkan interior.

Mitsubishi Manjakan Konsumen Lewat Program September Service Ceria

Bagian karpet, jok, karpet dasar hingga peredam di bawah dek harus dibongkar. Ini dilakukan untuk mengecek kondisi dan kelembapan di interior mobil. 

"Pengerjaannya, dicuci karpetnya kemudian dikeringkan. Lalu, peredamnya dicek dan diganti. Satu lagi, kami pasti pakai serbuk kopi di bagian dek untuk menghilangkan bau apek," ujar pemilik bengkel Mirza Auto Care di Bekasi, Amir Hamzah, kepada VIVA.co.id.

Ini Solusinya untuk Antisipasi Kaca Mobil yang Rawan Berjamur

Menabur kopi di dek dilakukan setelah mobil dalam kondisi benar-benar kering. Selain itu, untuk mengurangi risiko terjadinya bau tidak sedap, karpet dan komponen interior harus dipastikan dalam kondisi kering dan bersih.

"Jadi, mobil dibongkar dan semua bagian dalam diturunkan. Setelah bersih dan kering, disemprot pewangi dahulu, terus taburkan kopi," kata dia.

Biaya Perawatan Suzuki Ertiga Hybrid Cuma Segini

Pria yang akrab disapa Anca itu menyebutkan, mengeringkan karpet mobil terkadang harus dibantu dengan alat oven untuk mengecat mobil.

"Pengerjaannya, kalau matahari bagus bisa 1-2 hari. Kalau matahari redup, biasa karpet kami bantu keringkan di ruang oven untuk cat. Harus kering banget, dengan suhu biasanya 65 derajat celsius. Waktunya 1- 1,5 jam," ujarnya.

Layanan servis mobil Mitsubishi.

Program ‘September Service Ceria’ Mitsubishi, Apa Manfaatnya?

Dalam rangka memberikan kemudahan kepada konsumen dalam melakukan perawatan kendaraan, Mitsubishi menghadirkan program September Service Ceria.

img_title
VIVA.co.id
24 September 2022