Untung Rugi Pakai Jasa Ketok Magic Modern

Reparasi bodi mobil.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Pius Yosep Mali

VIVA.co.id – Saat bodi mobil rusak akibat mengalami kecelakaan, salah satu solusi mengembalikannya ke kondisi semula adalah dengan memanfaatkan jasa bengkel ketok magic.

Perbandingan Biaya Ketok Magic dan Bengkel Resmi, Murah Mana

Namun kini, ada alternatif lain, yakni Paintless Dent Removal atau PDR. Dengan teknik ini, mobil bisa kembali mulus dalam waktu yang relatif singkat.

Manajer Operasional bengkel PDR Kelapa Gading, Rina, mengatakan, teknik perbaikan bodi modern ini memiliki kelebihan dibandingkan dengan ketok magic tradisional. 

Kerap Disangka Mistis, Ini Alasan Pintu Ketok Magic Selalu Tertutup

"Kelebihannya itu waktu pengerjaan yang lebih cepat, tidak merusak cat orisinal mobil dan harga yang kompetitif. Dengan PDR, tidak perlu melepas panel interior mobil," ujar Rina kepada VIVA.co.id.

Meski demikian, Rina tak menampik bahwa PDR juga memiliki beberapa kekurangan dibandingkan cara lama. Teknik perbaikan bodi dari Jerman tersebut memiliki batasan. Artinya, tidak seluruh bagian bodi mobil yang penyok bisa dikerjakan.

Bengkel Ketok Magic Bisa 'Sembuhkan' Bodi dalam Waktu 1 Jam

Selain itu, perbaikan bodi penyok di bengkel PDR hanya bisa dilakukan untuk tingkat kerusakan sederhana sampai sedang. Cat mobil yang lecet, kata Rina, juga tidak bisa diperbaiki di tempatnya.

"Kekurangannya itu lebih kepada batas pengerjaan, enggak semua bagian bisa kami garap. Contohnya side skirt, sampai sekarang kami enggak terima pengerjaan di bagian itu. Karena, bahannya lebih tebal dan susah bagi alat kami untuk masuk," kata Rina.

Bengkel perbaikan bodi dan cat Mitsubishi.

Untung Rugi Perbaiki Bodi Mobil di Bengkel Resmi, Wajib Tahu

Tidak semua perbaikan bisa dilakukan.

img_title
VIVA.co.id
2 Mei 2019