Buka Kaca Sebelum Nyalakan AC Mobil, Mitos atau Fakta?

Ilustrasi menyalakan AC mobil.
Sumber :
  • Driving.ca

VIVA.co.id – Usai mobil diparkir di bawah terik matahari, menyalakan air conditioner (AC) menjadi salah satu cara untuk mendinginkan kabin. Namun, sebelum AC dinyalakan, banyak pemilik yang membuka semua kaca jendela mobil.

Ternyata Ada Mesin Mobil Mati tapi AC Tetap Berfungsi

Alasannya sederhana, membuka jendela mobil dan bahkan pintu setelah mobil diparkir di bawah terik matahari dilakukan agar suhu panas dari kabin bisa keluar lebih cepat.

"Buka kaca sebelum AC dinyalakan sangat dianjurkan dan bagus. Tujuannya agar udara panas kabin bisa keluar," kata Susanto Product Manager PT Cipta Gemilang Mobil sebagai jaringan servis AC Denso kepada VIVA.co.id.

Trik Mudah Cek Kerusakan AC Mobil dari Bunyi-bunyian

Dengan cara tersebut, dikatakan Susanto, pendinginan kabin bisa lebih cepat dan juga meringankan kerja AC mobil. AC tidak perlu bekerja keras untuk mendinginkan setiap sudut di dalam kabin mobil.

"Memang benar AC dibuat untuk menurunkan temperatur. Tapi kemampuannya beda-beda, tidak serta merta langsung bisa dingin. Dengan kaca dibuka, cooling capacity tidak terlalu berat, terlebih saat awal dinyalakan usai parkir di tempat panas," kata Susanto. (mus)

Hidupkan AC Mobil Tak Boleh Sembarangan, Kanker Mengintai
Ilustrasi menyalakan AC mobil.

AC Tak Boleh Langsung Nyala saat Mesin Baru Hidup, Mitos atau Fakta

Tidak semua mobil bisa langsung menyalakan AC.

img_title
VIVA.co.id
7 Juli 2018