Tips Naik Motor Bagi Hijabers, Gamis Panjang Tidak Masalah

Ilustrasi hijabers naik motor sport.
Sumber :
  • onlykashmir

VIVA.co.id – Sepeda motor saat ini tidak hanya menjadi alat transportasi pilihan kaum pria, tetapi juga perempuan. Jenis kendaraan roda dua yang dipilih kaum hawa pun beragam, mulai dari skuter matik, bebek, hingga motor sport.

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Sayangnya, masih banyak perempuan yang kurang peduli dengan keselamatan saat berkendara di jalan raya. Murniyati, anggota Komunitas motor gede Women On Wheels (WOW) mengatakan, saat berkendara motor perempuan tidak hanya harus tampil stylish tetapi juga nyaman dan aman.

"Walaupun mau stylish tapi tetap harus aman berkendara. Saat ini banyak contoh perempuan yang mau gaya, tapi enggak aman," kata Murniyati.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Perempuan yang juga tercatat dalam komunitas Independent Ninja Community ini mengatakan, paling mudah adalah pemakaian baju muslim panjang. Baju seperti ini sebetulnya tidak aman ketika dipakai berkendara motor.

Kain dari gamis tersebut, dikatakan Murniyati, bisa saja terkena angin dan menyangkut di bagian motor. Namun, ini bukan berarti perempuan muslim tidak bisa mengakalinya.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

"Saya berhijab, tapi memang menghindari pakai gamis panjang saat naik motor. Bagi muslim yang suka hijab dan mau tetap pakai gamis panjang, caranya dengan melipat bagian bawah baju dan menjepitnya di paha dalam," kata dia.

Murniyati mengatakan, baiknya ladies bikers yang memakai gamis memakai legging (celana ketat) agar posisi duduk tetap nyaman. Benda lain yang pantang dipakai adalah sepatu bertumit tinggi (high heels).

"High heels jangan dipakai karena sangat berbahaya. Baiknya pakai sepatu ket yang menutupi mata kaki. High heels-nya ditaruh di dalam bagasi motor saja, nanti kalau sudah sampai baru dipakai," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya