Ciri-ciri Rem Blong pada Kendaraan Pribadi

Kecelakaan bus masuk jurang di Ciloto, Puncak, Jawa Barat.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Belakangan ini, masyarakat dihebohkan dengan informasi kecelakaan yang terjadi akibat rem blong. Kecelakaan itu terjadi pada kendaraan angkut besar. Namun, bukan berarti mobil penumpang tidak bisa mengalaminya.

Karung Ini Selamatkan Banyak Nyawa Pengendara Motor

Bahkan, sepeda kayuh juga bisa mengalami kejadian tersebut. Lantas, apa penyebab rem pada kendaraan bisa blong?

General Repair Service Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), Iwan Abdurahman, mengatakan, penyebab utama rem blong yakni adanya kebocoran pada saluran minyak rem.

Kesaksian Pemilik Bengkel di Lokasi Tabrakan Beruntun Puncak: Telat Sedikit Saya Terbawa

"Biasanya karena minyak rem bocor. Jadi saat panas, minyak rem berbusa dan pas diinjak jadi ngempos, karena ada udaranya. Selain itu, kampas rem habis juga bisa," kata Iwan kepada VIVA.co.id.

Senada dengan Iwan, Koordinator eksekutif layanan teknis PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Anjar Rosadi, mengatakan, jika  ada kebocoran pada minyak rem, sebetulnya bisa dirasakan oleh pengemudi. Karena, pedal rem akan terasa keras saat diinjak.

5 Fakta Tabrakan Beruntun di Puncak, Kernet Truk Sempat Berteriak

"Dalam banyak kasus, rem blong ini biasanya karena ada kebocoran dan udara terjebak di saluran rem. Jadi saat diinjak, remnya jadi keras. Kalau kampasnya habis, lebih parah lagi. Karena, komponen rem enggak akan bisa menahan laju kendaraan," kata Anjar.

Karung penghalang motor yang remnya blong

Sandiaga Uno Puji Karung Penyelamat Motor di Turunan Maut, Reaksi Netizen di Luar Dugaan

 Beberapa waktu viral aksi masyarakat membuat tumpukan karung untuk menahan motor yang blong di turunan maut yang curam dan panjang. Sandiaga Uno pun memberikan pujian.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024