Aturan Menunggak Kredit Kendaraan yang Wajib Diingat

Penjualan mobil bekas
Sumber :
  • VIVA.co.id/Pius Mali

VIVA.co.id – Ada berbagai alasan yang membuat orang membeli kedaraan secara kredit, baik mobil maupun sepeda motor. Salah satunya yakni karena dianggap sistem tersebut memudahkan dalam hal pembayaran.

Dapat Diskon PPnBM, Cicilan Paling Murah Avanza Baru Mengejutkan

Namun, di balik sisi positif yang ditimbulkan, kredit kendaraan terkadang justru berakhir petaka dan penyesalan yang mendalam. Mulai dari menambah beban hidup hingga hal yang terburuk, yakni tak sanggup lagi membayar cicilan, sehingga kendaraan harus ditarik.

Lalu, berapa lama batas tunggakan cicilan sampai kendaraan ditarik?

Gak Nyangka Segini Cicilan Toyota Voxy Baru Jika Dibeli Kredit

Menanggapi hal tersebut, Head of New Car Adira Finance, Dwi Prasetyo, mengatakan, perusahaannya akan segera menghubungi debitur apabila telat membayar, meski hanya satu bulan.

"Aturan bakunya itu setelah tiga bulan. Tapi menurut pengalaman di lapangan, sebagai contoh, sebulan pun yang berpotensial bermasalah, kami enggak akan menunggu tiga bulan. Beberapa hari pun akan kami amankan," katanya di Jakarta.

Cara Biar Lolos dari Leasing saat Mau Kredit Mobil Baru

Dwi menambahkan, sebenarnya Adira mengalami kerugian apabila harus menarik kendaraan dari debitur. Meski demikian, langkah tersebut harus tetap diambil, mengingat kewajiban yang seharusnya dilakukan oleh debitur tidak dijalankan dengan baik.

"Kalau bicara rugi, pasti rugi. Tapi, kami masih bisa mengamankan aset dengan menarik kendaraan tersebut," tuturnya. (one)

Mobil Honda di Jakarta Auto Week 2022

Di Pameran Ini Kredit Mobil Honda Uang Mukanya Mengejutkan

Uang muka atau duit pertama yang masuk untuk membeli mobil baru biasanya paling rendah di angka 15 persen, namun untuk mobil Honda lebih rendah.

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2022