Bolehkah Langsung Tancap Gas saat Mesin Masih Dingin?

Pengendara motor melintasi genangan air.
Sumber :
  • Fdrtire

VIVA.co.id – Salah satu hal yang kerap dilakukan para pengendara sebelum berangkat beraktivitas yakni memanaskan mesin sepeda motor. Umumnya, para pemilik sepeda motor memanaskan mesin sepeda motor antara lima sampai 10 menit.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Namun, tak semua pemilik motor melakukan hal demikian. Ada saja yang langsung tancap gas karena sejumlah alasan, mulai dari malas hingga terburu-buru. Sebenarnya, seberapa penting memanaskan mesin motor sebelum digunakan?

Menanggapi hal tersebut, Asisten Manajer Technical Training PT Daya Adicipta Mustika (DAM), Ade Rohman, menjelaskan, memanaskan mesin motor tergantung dari jenis pengabutan yang digunakan, apakah karburator atau injeksi.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

"Untuk yang tipe karburator, disarankan untuk dipanaskan terlebih dahulu kurang lebih dua menit. Supaya mesin terlumasi oleh oli dengan sempurna," kata Ade kepada VIVA.co.id.

Sedangkan untuk motor injeksi, Ade menjelaskan, memanaskan motor bukan kewajiban yang harus dilakukan pemilik kendaraan sebelum digunakan beraktivitas.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

"PGM-FI (injeksi) pada saat mesin dihidupkan, secara otomatis putaran mesin langsung naik ke 2.000 rotasi per menit (RPM). Tujuannya sama, supaya oli tersirkulasi dengan baik," ujarnya. (ase)

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022