Komponen Mobil Ini Tidak Bisa Ditebak Kapan Rusaknya

Kipas radiator
Sumber :
  • Sggarage

VIVA.co.id – Beberapa orang menganggap, melakukan perjalanan jauh dapat membuat suhu mesin naik cukup tinggi. Efeknya, mesin mengalami panas berlebih atau overheat.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Padahal, kenaikan suhu yang tidak wajar disebabkan oleh komponen pendingin mesin yang tidak berfungsi maksimal. Salah satu contohnya kipas radiator mati.

Service Advisor bengkel resmi Honda, Ali, mengatakan, faktor utama penyebab kipas radiator mati bukan karena pemakaian mobil yang jarang. Tapi, komponen ini memiliki umur pakai yang tidak lama.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

"Carbon brush-nya bisa habis, dan kami tidak bisa bongkar juga kalau di bengkel Honda (diwajibkan ganti baru). Komutator yang menempel di brush juga sudah melemah dan kumparan (gulungan tembaga) rusak," ujarnya kepada VIVA.co.id.

Menurutnya, setiap mobil yang memakai kipas radiator elektrik pasti mengalami hal tersebut. Jangka waktu pemakaiannya beragam, ada yang tiga, empat dan lima tahun. Parahnya lagi, tidak ada trik khusus untuk membuat kipas lebih awet.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

"Pemakaian mobil yang benar agar brush tetap awet juga enggak ada. Jarang menggunakan AC tidak jadi solusi juga," katanya.

Sebagai informasi, kipas radiator berfungsi mengalirkan udara dari depan melalui sirip radiator. Udara ini berfungsi melepas panas yang dibawa air radiator. (one)

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022