Dua Fungsi Tutup Pentil yang Jarang Diketahui

Tutup pentil ban kendaraan
Sumber :
  • Toyota

VIVA.co.id – Kebanyakan pengguna kendaraan bermotor hanya terpaku pada mesin saja. Mesin dianggap komponen yang penting untuk dijaga agar kendaraan aman saat dikendarai.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Padahal tidak demikian, beberapa komponen kecil yang dianggap sepele justru memiliki fungsi yang vital bagi kendaraan, contohnya pada sepeda motor. Salah satunya adalah tutup pentil (valve cap).

Menurut Asisten Manajer Technical Training PT Daya Adicipta Mustika (DAM) --distributor sepeda motor Honda Jawa Barat-- Ade Rohman, tutup pentil berperan sangat penting bagi ban kendaraan. Terdapat dua fungsi utama yang diungkapkan Ade kepada VIVA.co.id. Fungsi pertama ialah menjaga tekanan ban agar tidak mudah kempis. 

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

"Fungsi yang pertama, untuk menjaga agar tekanan di dalam ban tetap stabil (tidak mudah kempis)," kata Ade.

Sedangkan fungsi yang tak kalah penting adalah mencegah kotoran masuk ke dalam ban dan mencegah ban mudah mengalami korosi.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

Tutup pentil sendiri terdiri dari beberapa jenis, pertama plastik, kedua dari bahan metal yang di dalamnya terdapat lapisan karet untuk menyumpal udara, kotoran hingga debu dan air agar tak masuk. Selain itu ada jenis tutup pentil yang memiliki indikator untuk memberitahu pengguna mengenai tekanan ban berkurang atau tidak.

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022