Jangan Beli Mobil Bekas dengan Uang Pas-pasan, Bahaya!

Penjualan mobil bekas
Sumber :
  • VIVA.co.id/Pius Mali

VIVA.co.id – Saat membeli mobil bekas, konsumen harus jeli mengetahui kondisi barang. Tidak hanya itu, pembeli juga sebaiknya menyiapkan dana lebih untuk perbaikan mobil yang dibeli.

Mobil Listrik BYD Harganya Lebih Murah dari Toyota Corolla Bekas

Amin, pedagang mobil bekas dari Isanva Mobil di Mega Glodok Kemayoran mengatakan, mobil yang dijual biasanya sudah dalam kondisi rapi.

"Kami kalau mau dagang juga lihat dulu kondisi mobil yang ditawarkan ke pembeli, pasti ada saja yang kami rapikan dulu," kata Amin kepada VIVA.co.id.

Jelang Lebaran akan Digelar Cuci Gudang Mobil Bekas

Namun, Tanti, pedagang mobil bekas dari Jordy Mobil mengatakan, berbeda dengan membeli mobil baru, pedagang umumnya tidak menjamin kondisi mobil yang ditaksir konsumen. 

"Mobil yang kami jual dalam kategori baik dan layak jalan. Bahkan kalau di tempat saya, pembeli mau cek kondisi mobil ke bengkel resmi pun kami izinkan, supaya konsumen juga percaya sama barangnya," kata Tanti.

Tips Membeli Mobil Bekas yang Aman dan Nyaman

Sebaiknya, kata Tanti, pembeli mobil bekas harus menyiapkan dana lebih untuk memperbaiki kondisi mobil setelah dibeli.

"Jangan hanya siapkan uang buat bayar mobilnya, sebisa mungkin siapkan dana tambahan Rp5 juta," kata dia.

Uang itu untuk biaya perbaiakan yang tak terduga. Sebab, meski sudah dirapikan penjual, biasanya ada saja yang belum sempurna. “Ini beda dengan mobil baru yang bebas perbaikan,” katanya. (hd)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya